UM Bulukumba Kuatkan Keislaman dan Kemuhammadiyahan Mahasiswa Sebelum Sarjana

  • Bagikan
Mahasiswa UM Bulukumba mengikuti BAMA, Sabtu, 3 Agustus 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Terdapat 150 mahasiswaUniversitas Muhammadiyah (UM) Bulukumba mengikuti kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Akhir (BAMA) gelombang kedua. Kegiatan tersebut digelar di Kampus 2 UM Bulukumba yang berlangsung mulai Sabtu sampai Minggu, 3-4 Agustus 2024.

Dengan tema “Sarjana Smart Mencerahkan Ummat dengan Kepribadian Nilai-nilai Islam Kemuhammadiyahan,” kegiatan ini merupakan penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) yang ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir UM Bulukumba.

Baitul Arqam Mahasiswa Akhir (BAMA) adalah kegiatan wajib di UM Bulukumba dan menjadi persyaratan sebelum mengikuti yudisium dan wisuda sarjana. Kegiatan ini bertujuan membentuk jati diri dan memperbaiki ibadah mahasiswa sesuai tuntunan Al-Quran dan As-sunah.

Rektor UM Bulukumba, Jumase Basra, menegaskan bahwa Baitul Arqam menjadi wahana penguatan keislaman dan kemuhammadiyahan dalam rangka mencetak generasi unggul islami.

"Diharapkan kepada ananda semua agar mengikuti kegiatan Baitul Arqam dengan baik, karena kegiatan ini menjadi benteng diri bagi ananda dalam menghadapi pengaruh luar yang dapat merugikan," ungkapnya.

"Tujuan utama dari kegiatan BAMA ini adalah agar ananda semua mampu mewujudkan nilai-nilai keislaman yang bersumber dari Al-Quran dan As-sunah, yang selama ini diyakini mampu mendorong gerbong Muhammadiyah dari waktu ke waktu," tambahnya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bulukumba, H. Samsul Bakir Hamid, menekankan bahwa Baitul Arqam mampu memberikan bekal dan stimulan bagi calon wisudawan UM Bulukumba.

"Saya berharap melalui kegiatan Baitul Arqam ini, mahasiswa benar-benar dapat meyakini, memahami, dan kemudian melaksanakan misi perjuangan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar," harapnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel yang jyga Sekretaris Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani, Saiful Kamaruddin, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak sehingga kegiatan Baitul Arqam dapat terlaksana dengan baik.

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Rektor dan Civitas Akademika UM Bulukumba, panitia, dan peserta, sehingga kegiatan BAMA ini, dari gelombang 1 hingga gelombang 2, dapat terlaksana dengan baik," ungkapnya.

"Saya berharap mahasiswa yang mengikuti Baitul Arqam ini dapat menjadi umat yang terbaik. Mahasiswa diharapkan menjalani kegiatan ini sebaik-baiknya karena kegiatan ini memberikan bekal bagi calon wisudawan dan wisudawati dalam membentuk soft skill, perilaku kerja profesional, dan Islami di dalam bermasyarakat, agar mereka siap menghadapi segala perubahan dan dinamika di masyarakat kelak. Mahasiswa dan kita semua tidak boleh lemah dalam akidah, harus murni dalam berakidah, dan harus mempunyai wawasan yang luas," tutupnya.****

  • Bagikan