Pembangunan Bendungan Sungai Balangtieng Jadi Usulan Prioritas Warga Kahayya

  • Bagikan
Musrenbang di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Musrenbang (Musyawarah rencana pembangunan) Desa Kahayya, Kecamatan Kindang berlangsung dengan sukses.

Hal ini dibuktikan dengan antusias masyarakat yang datang menghadiri musyawarah tersebut lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. 

Tercatat terdapat 94 orang yang hadir pada acara Musrenbang ini yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bulukumba, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekretaris Camat Kindang, Kepala Puskesmas Borong Rappoa, Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata.

"Musrenbang yang berlangsung pada hari Selasa, 30 Juli 2024 lalu itu, merupakan agenda lanjutan dari kegiatan Pramusrenbang," kata Kades Kahayya, Abdul Rahman, Senin, 5 Agustus 2024.

Menurutnya, dari berbagai usulan program masyarakat yang masuk kegiatan pramusrenbang dan musrenbang, yang paling diprioritaskan adalah pembangunan Bendungan Sungai Balang Tieng.

"Masyarakat dan pemerintah setempat berharap agar pembangunan yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik," jelasnya.

Sekadar informasi salah satu fungsi bendungan adalah menampung air ketika debit air tinggi (saat musim penghujan) agar nantinya dapat digunakan ketika debit air rendah (saat musim kemarau).

"Besar harapan masyarakat, usulan tersebut bisa diakomodir pada saat Musrenbang tingkat kecamatan dan desa," tambahnya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Kahayya, Nurul Hikma menyampaikan bahwa usulan pembangunan bendungan tersebut diperuntukkan bagi pemerintah kabupaten. (ria/has/C)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan