Program Baznas Menyapa Pulau, Cara Baznas Bulukumba Meriahkan HUT RI

  • Bagikan
Penyaluran bantuan oleh Baznas Bulukumba. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba dalam rangka memeriahkan HUT RI  ke-79 menggelar berbagai kegiatan di Dusun Liukang Loe, Desa Bira, Kecamatan Bontobahari,  yang dikemas pada Program Baznas menyapa pulau yang dilaksanakan selama 2 hari, 3-4 Agustus 2024.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024 dengan pemeriksaan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat, dan dilanjutkan pelatihan penyelenggaraan jenazah.

Bantuan Z-mart dan Z-Auto turut diberikan kepada warga yang telah diassesment sebelumnya. Bantuan Z-Mart ini berupa bahan-bahan pokok yang biasanya di perjual belikan ditoko klontong, sedangkan Z-Auto berupa bantuan perbengkelan.

Selain itu juga ada pelatihan kewirausahaan, untuk memberikan pemahaman bagi para pengrajin dan pelaku usaha akan target dan jaringan pemasaran produk. Begitu pula dalam upaya peningkatan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah, dilakukan Safari Dakwah sebagai bentuk sosialiasi kepada masyarakat setempat.

Pada hari berikutnya, Minggu 4 Agustus 2024, kegiatan dimulai dengan Penyuluhan Gigi dan Mulut serta pemberian imunisasi polio oleh Tim Dinas Kesehatan Bulukumba.

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini pula Baznas Bulukumba mendistribusikan bantuan pendidukan berupa perlengkapan dan seragam sekolah untuk 20 siswa siswi dhuafa dan bantuan pangan berupa sembako untuk 20 lansia, yang diserahkan langsung oleh  Wakil Bupati Bulukumba.

Ketua Baznas Bulukumba, H Kamaruddin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten yang terus mendorong dan memberi apresiasi kepada setiap kegiatan Baznas Bulukumba.

“Hadirnya Baznas Bulukumba hari ini tentu atas dukungan  Bupati dan Wakil Bupati, kami melakukan berbagai inovasi program sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat Bulukumba. Berbagai kegiatan kami lakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban dari Zakat, Infak dan Sedekah yang dikelola Baznas,"  katanya, Senin 5 Agustus 2024.

Sementara itu Wakil Bupati H Andi Edy Manaf mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Baznas yang selalu hadir untuk membantu masyarakat dari pelosok hingga pesisir.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas peran Baznas yang selalu hadir untuk membantu masyarakat yang kurang mampu,” jelasnya.

Edy Manaf  berharap agar kinerja Baznas Bulukumba semakin progresif dengan memberi solusi dan manfaat yang sebesar-besarnya kepada Masyarakat Bulukumba.

Masyarakat harus bersama-sama pemerintah mencari solusi terbaik untuk perbaikan dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang ada.

“Kita semua berharap masyarakat tidak selalu harus tergantung kepada bantuan pemerintah dan Baznas, namun bagaimana bersama-sama untuk berkembang dengan solutif dan berdaya dengan berbagai inovasi” tambahnya.

Kepala Dusun Liukang Loe, Kardi merasa sangat bersyukur atas perhatian Pemerintah dan Baznas yang telah memilih Liukang Loe menjadi tempat kegiatan Baznas menyapa pulau ini, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan Baznas Bulukumba atas kehadirannya di Liukang Loe, juga kami memohon maaf apabila dalam pelaksanaannya ada hal-hal yang kurang berkenan” tutupnya.

Sekadar informasi dalam kegiatan ini turut hadir Pengurus TP-PKK Kab Bulukumba, H Syafiuddin Dewan Pengawas Baznas, Dinas Kesehatan, Kepala Desa Bira, KUA Bontobahari, dan seluruh masyarakat Liukang Loe. (***).

  • Bagikan