Puluhan TBM dan Perpustakaan di Bulukumba Terima Bantuan Dari Perpunas

  • Bagikan

TBM di Kecamatan Bulukumpa saat menerima bantuan rak buku dari Perpurnas.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 27 Taman Baca Masyarakat (TBM) dan 39 Perpustakaan se Kabupaten Bulukumba, terima bantuan 1.000 buah buku dari Perpustakaan Nasional (Perpurnas) Republik Indonesia yang disalurkan mulai sejak pekan kemarin.

Kepala Bidang Perpustakaan, Sahriana Said mengatakan salah satu program Perpusnas sekarang adalah Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) yaitu fungsi perpustakaan bukan hanya sekedar gudang buku tetapi sebagai pusat kegiatan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka peningkatan kesejahteraannya yang di kenal "Literasi untuk Kesejahteraan". 

"Untuk itu, Perpusnas perlu memberikan dukungan agar TP-BIS bisa berjalan sampai tingkat Desa Kelurahan dan TBM dengan menambah koleksi bahan bacaan. Bantuan yang diterima itu, selain 1000 buku untuk masing-masing TBM dan Perpustakaan, juga ada satu unit rak buku," ungkapnya, Senin, 5 Agustus 2024.

Penyaluran bantuan rak buku disalah satu pendiri TBM atau Perpustakaan di Bulukumba dari Purnas.

Lebih lanjut ia menuturkan hal ini juga dilakukan untuk mendukung program merdeka belajar agar peserta didik dapat mengakses buku bahan bacaan umum di perpustakaan desa kelurahan atau TBM. Untuk penyalurannya, langsung pihak ketiga antar Perpurnas ke Perpustakaan Desa/Kelurahan sama TBM.

"Dengan bantuan ini kami ucapkan terima kasih banyak kepada Perpusnas yang telah memberikan bantuan buku kepada perpustakaan desa/kelurahan dan Taman Baca di Bulukumba yang merupakan perpanjangan tangan Perpustakaan Umum Daerah di tingkat di desa karena dengan bertambahnya koleksi atau bahan bacaan diharapkan masyarakat tertarik berkunjung ke perpustakaan sehingga dapat meningkatkan tingkat kegemaran membaca sekaligus indeks pembangunan literasi masyarakat," bebernya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan tersebut yakni Asfar Nur Selaku Pendiri TBM Literasi Qurani Al-Fatih Kecamatan Bulukumpa juga mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak yang selalu mensupport membumikan budaya baca.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan rak buku kepada Literasi Qurani Al-Fatih Dusun Munte Barat Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Terima kasih juga kepada pemuda Munte Barat yang selalu memberikan arahan serta masukan menumbuhkan minat baca kepada semua kalangan," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version