LPPAR Wahdah Islamiyah Bulukumba: Bina Generasi Muda dengan Literasi Al-Qur’an

  • Bagikan
Kegiatan pembinaan LPPAR Wahdah Islamiyah Bulukumba di salah satu sekolah di Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Anak Remaja (LPPAR), yang berada di bawah naungan ormas Wahdah Islamiyah, terus memperkuat ketahanan keluarga melalui berbagai program pembinaan khusus anak dan remaja.

Meskipun usia lembaga ini masih muda, terbentuk setelah Muktamar III Wahdah Islamiyah 2016 di Asrama Haji Pondok Gede, berbagai program kerja unggulan telah sukses dilaksanakan.

Ketua LPPAR Wahdah Islamiyah Bulukumba, Wahidin Nur, menyampaikan bahwa program Literasi Al-Quran menjadi salah satu program kerja unggulan LPPAR di Kabupaten Bulukumba.

Program ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan, dan berkolaborasi dengan Binmas Polres Bulukumba, KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, serta WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat) Wahdah Islamiyah Bulukumba.

"Seiring berjalannya waktu, berbagai program kerja telah kami laksanakan. Di antara program unggulan LPPAR adalah Literasi Al-Qur'an, yang mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan kolaborasi dengan berbagai pihak," ungkap Wahidin Nur.

Program literasi Al-Quran ini menyasar sekolah-sekolah di Bulukumba. Dalam setiap pelaksanaannya, Binmas Polres Bulukumba selalu hadir, bahkan Kapolres dan jajarannya sering menghadiri langsung kegiatan tersebut.

Di setiap program literasi Al-Quran di sekolah, LPPAR juga menyalurkan donasi dari masyarakat peduli pendidikan kepada anak-anak yang tidak mampu, berupa dana, tas, buku, dan mushaf Al-Quran.

Selain program literasi, LPPAR juga melakukan pembinaan kepada anak dan remaja di bawah umur yang tersangkut masalah hukum. Program ini berjalan berkat kolaborasi dengan pihak Unit PPA dan Polsek dalam wilayah hukum Kabupaten Bulukumba.

LPPAR juga membina anak remaja usia sekolah dan putus sekolah, dengan kegiatan yang berpindah-pindah sesuai keinginan anak remaja binaan.

"Mengingat betapa urgennya pembinaan anak remaja ini, maka kolaborasi dan sinergi dengan pihak terkait semakin diperluas, termasuk dengan Dinas P2KBP3A dan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID," tambah Wahidin Nur.

Wahidin berharap kerja-kerja pembinaan anak dan remaja bisa lebih maksimal dan bermakna, mengingat betapa berat dan kompleks tantangan yang dihadapi anak remaja di zaman sekarang ini.

Ia mengajak semua pihak tanpa terkecuali untuk berkontribusi dalam program pembinaan ini demi mempersiapkan anak remaja sebagai generasi penerus yang membanggakan orang tua dan bangsa.

"Kami sangat menyadari apa yang kami lakukan ini mungkin masih sangat jauh dari yang diharapkan, tetapi dengan adanya kolaborasi lintas sektor, sedikit memberikan obat dan penawar dari kegelisahan para orang tua dan pemerintah," ujarnya.

Terakhir, program LPPAR ikut berpartisipasi sebagai salah satu item penilaian dalam kompetisi daerah layak anak, yang akhirnya membantu Bulukumba meraih predikat Daerah Layak Anak.

"Untuk sekolah-sekolah yang ingin LPPAR berkunjung, dapat menghubungi kami di kontak 085203054150 atau langsung ke kantor DPD Wahdah Islamiyah Bulukumba di Jalan Merpati, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujungbulu," tukasnya.****

  • Bagikan

Exit mobile version