Perpustakaan Desa Topanda Jadi Penerima Bantuan dari Perpurnas RI

  • Bagikan
Pengelola perpustakaan di Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, saat menerima bantuan rak buku. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

RILAU ALE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 39 perpustakaan yang tersebar di Kabupaten Bulukumba, menjadi penerima bantuan rak buku dari Perpurnas RI (Perpustakaan nasonal Republik Indonesia). Tidak terkecuali Perpustakaan di Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale.

Pengelola Perpustakaan Desa Topanda, Muhammad Sabir menyampaikan bahwa perpustakaan Desa Topanda,   dibentuk pada tahun 2012 lalu.

"Dibentuk langsung oleh Perpurnas, kemudian tahun 2020 sampai sekarang, sudah mulai menerima bantuan buku dan sarana pendukung lainnya dari Perpusnas RI," katanya, Selasa, 6 Agustus 2024.

Menurutnya, penyaluran bantuan dari Perpusnas RI, merupakan upaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan TP- BIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial).

"Sehingga Perpusnas RI menyasar perpustakaan di tingkat desa dan kelurahan.  Desa Topanda menjadi salah satu penerima," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Topanda, Andi Jemma membenarkan terkait adanya perpustakaan di Desa Topanda,  perpustakaan tersebut berada satu gedung dengan kantor desa.

"Jadi pengelolaannya itu bisa dibilang maksimal, pengunjungnya cukup ramai. Karena terkadang juga ada warga yang datang mengurus administrasi pemerintahan mereka juga berkunjung ke perpustakaan," tutupnya. (ria/has/C)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version