Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik, SMAN 14 Adakan LDK

  • Bagikan

Penutupan LDK di SMAN 14 Bulukumba, Selasa 6 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam upaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter sesuai perkembangan era digitalisasi, SMA Negeri 14 Kabupaten Bulukumba, gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi peserta didik kelas X, dan resmi ditutup, Selasa, 6 Agustus 2024.

Kepala SMA Negeri 14 Kabupaten Bulukumba, Arifuddin mengatakan kepemimpinan merupakan modal strategis yang harus dimiliki generasi muda. Esensinya setiap orang adalah pemimpin. Sehingga dengan jiwa kepemimpinan yang dimiliki oleh generasi muda, mereka akan mampu mengarahkan dan menggerakkan kehidupannya maupun kehidupan orang-orang disekitarnya untuk mewujudkan kepentingan bersama.

"Mengingat pentingnya kepemimpinan ini bagi peserta didik, maka kami menjadikan LDK sebagai modal calon pemimpin. Alhamdulillah dikegiatan ini kami wajibkan semua peserta didik kelas X untuk ikut serta," ungkapnya.

LDK di SMAN 14 Bulukumba, Selasa 6 Agustus 2024.

Menurutnya, kegiatan ini punya peranan penting untuk membangun karakter, disiplin kepemimpinan agar dimasa depan nanti peserta didik bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat.

"Diharapkan agar kegiatan yang positif itu dapat memberikan manfaat kegiatan dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari- hari," tambahnya.

Ia menyebutkan berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan peserta didik dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang solid dan bijaksana. 

"Harapannya setelah mengikuti LDKS, punya rasa percaya diri, dapat menyelesaikan masalah yang akan dihadapi, mempunyai jiwa pemimpin dan mengasah kemampuan berorganisasi, serta dapat melahirkan generasi pemimpin-pemimpin berkualitas yang berjiwa Pancasila sehingga dapat menjadi teladan, mampu mengembangkan diri dan orang lain di manapun bekerja," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version