Harapkan UMKM Lokal Mengglobal, Baznas Bulukumba Gelar Talkshow Enterpreneur

  • Bagikan
Talkshow enterpreneur oleh Baznas Bulukumba. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba, menggelar kegiatan Talkshow yang membahas tentang kewirausahaan dengan mengusung tema UMKM lokal mengglobal,  Kegiatan tersebut bertempat di Top Floor Gedung Pinisi, Selasa, 6 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut menghadirkan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba sebagai pemateri utama, dimana keduanya belatar-belakang sebagai pengusaha, pun beberapa nara sumber dari pelaku UMKM lokal ternama di Butta Panrita Lopi Bulukumba.

Foto bersama usai Bupati Bulukumba bersama para peserta talkshow. (FITRIANI SALWAR/RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID)

Pada kegiatan ini, Baznas Bulukumba membagi dua sesi dengan menghadirkan beberapa narasumber. Sesi pertama dibuka dengan bincang inspirasi bersama tiga narasumber, diantaranya Membangun Jejaring Internasional UMKM oleh A. Reski Angraini (Owner Ondeway Sinergi Indonesia), Transformasi dari Penerima Manfaat ke Pelaku UMKM Sukses oleh Sarlinda (Owner Keysang), dan Keutamaan Zakat dalam Penguatan Usaha oleh Suratno Hadisuwito (Owner Dafa Café sekaligus Muzakki Teladan).

Dilanjutkan pada sesi kedua Bincang Pemberdayaan dengan tiga narasumber, yakni Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung UMKM Lokal Menggelobal oleh Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf, Peran Media dalam Penguatan UMKM Lokal oleh Wakil Bupati H. A. Edy Manaf, S.Sos, dan Inisiatif dan Program Baznas untuk UMKM di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba, H. Kamaruddin mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu sub-program Pemberdayaan Ekonomi Baznas. Dimana Baznas Bulukumba telah melahirkan ratusan UMKM yang telah didampingi secara berkala dan tetap perlu diberikan perhatian untuk ruang pengembangan di berbagai sektor.

“Talkshow ini kami laksanakan untuk mendorong UMKM bertransformasi dari pasar lokal ke pasar internasional, dengan tidak melupakan kewajiban dalam menunaikan Zakat, Infak maupun Sedekah," katanya, Selasa 6 Agustus 2024 lalu.

Umkm saat menunaikan zakatnya. (FITRIANI SALWAR/RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID)

Lebih lanjut H Kamaruddin menyampaikan, kegiatan ini diikuti 89 peserta yang seluruhnya merupakan pelaku UMKM. Sebagian dari mereka merupakan penerima manfaat Baznas Bulukumba, pada kesempatan ini ada bebrapa UMKM yang menunaikan zakatnya.

“Alhamdulillah suatu kesyukuran bahwa beberapa UMKM binaan Baznas telah menunaikan zakatnyadan pada hari ini kembali kami menerima zakat para founder atau owner UMKM. Ada Ondeway, Keysang, Kingpao, Dafa Café, Banana Paper, Fadiba Indonesia, Golden Corn dan PT. Kurirta, semoga usahanya semakin berkah berlimpah," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan yang berharga, pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan peluang dalam dunia kewirausahaan, serta inspirasi untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui usaha-usaha baru dan yang sudah ada.

Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba, menyampaikan bahwa bertemu dan berdialog bersama para pelaku UMKM sangat disenangi. Ia bahkan mengajak untuk berkolaborasi memajukan pemasaran produk-produk UMKM lokal.

“Saya sudah siapkan beberapa tempat untuk kolaborasi produk UMKM dan semua bisa terlibat dari produk makanan sampai kerajinan, agar sama-sama bisa kita hidupkan UMKM Lokal di Bulukumba. Untuk pasar Internasional pun saya bisa jadi marketing, tapi kita harus belajar dan terus berbenah memperbaiki kualitas dan kuantitas," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan Baznas Bulukumba dan inovasi program dalam pemberdayaan ekonomi di Bulukumba sangat hebat. Dari Zakat ada binaan, dan binaan itu bisa kembali berzakat.

“Jangan takut jatuh miskin, gak ada uang, kalau rajin berzakat dan bersedekah. Langkah yang saya tempuh dalam payroll system ASN pun seperti itu, saya yakin berkali-kali lipat gantinya ke setiap individu yang mengeluarkan kewajiban dari hartanya," ucap Andi Utta.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bulukumba Edy Manaf menjelaskan bahwa keberhasilan Baznas  Bulukumba hari ini juga merupakan keberhasilan Pemerintah Bulukumba dalam sektor pengelolaan Dana Zakat, Infak dan Sedekah.

“Baznas bisa menghidupkan kembali banyak UMKM tidak terlepas dari peran pemerintah, karena Baznas adalah bagian dari pemerintah. Olehnya itu, tugas kita hari ini adalah berkolaborasi dan berinovasi bersama demi kemajuan UMKM Lokal kita," tutupnya. (**).

Penulis: FITRIANI SALWAREditor: HASWANDI
  • Bagikan

Exit mobile version