IWAPI Bulukumba Gelar Khitanan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam Rangka HUT RI ke-79

  • Bagikan
IWAPI Bulukumba mengadakan khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan secara gratis di Desa Seppang, Kecamatan Ujung Loe, Sabtu, 10 Agustus 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bulukumba menggelar kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis. Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf ini diadakan pada Sabtu, 10 Agustus 2024, di Sekolah Dasar (SD) 21 Seppang, Desa Seppang, Kecamatan Ujung Loe, Bulukumba.

Kegiatan bakti sosial merupakan hasil kerja sama IWAPI Bulukumba dengan Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Turut hadir Sekretaris Daerah Bulukumba Muh. Ali Saleng, Ketua DWP Bulukumba, perwakilan Dekranasda Bulukumba, Kepala Puskesmas Ujung Loe dan Kepala Desa Seppang.

Wakil Ketua 1 IWAPI Bulukumba, Andi Misbawati Andi Wawo, yang mewakili Ketua IWAPI Hj. Ira Kasuara Hasyim, menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia sekaligus mempererat silaturahmi dan membantu masyarakat pra-sejahtera dalam mengakses layanan kesehatan.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias. Sebanyak 70 anak mengikuti khitanan massal, dan 56 orang memanfaatkan pemeriksaan kesehatan gratis," ujar Andi Misbawati.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan meliputi berbagai layanan, seperti pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat, dan kolesterol.

Dalam kegiatan ini, IWAPI Bulukumba menghadirkan 10 dokter spesialis yang dipimpin oleh dr. Ilyas, pimpinan Klinik Faezya Medika, yang juga menjadi klinik rujukan pasca-sunat.

Ketua TBM Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Andi Farhan Massarappi, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada IWAPI Bulukumba atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh IWAPI merupakan tindakan yang sangat mulia, berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Apalagi khitanan massal ini merupakan manifestasi dari pelaksanaan kegiatan ibadah untuk mengukuhkan keislaman anak-anak kita, yang mana fungsinya mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah ibadah," jelas Andi Farhan.

Dengan adanya kegiatan ini, IWAPI Bulukumba berharap dapat terus menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan memberikan manfaat nyata bagi mereka, khususnya dalam bidang kesehatan.****

  • Bagikan

Exit mobile version