Buka Perkemahan Pramuka di Bulukumpa, Kamabiran Harap Ini Bekal Menjadi Pemimpin

  • Bagikan

Kamabiran Kwarrang Bulukumpa saat membuka Perkemahan Pramuka di Kecamatan Bulukumpa, di Bumi Perkemahan Annisia Kelurahan Jawi-jawi, mulai Minggu 11 sampai 14 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Camat Bulukumpa selaku Ketua Majelis Pembina Rantin (Kamabiran) Kwartir Ranting (Kwarrang) Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Irwan membuka secara resmi Perkemahan Pramuka dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke 63 tahun 2024, berlangsung di Bumi Perkemahan Annisia Kelurahan Jawi-jawi Kecamatan Bulukumpa, mulai Minggu 11 sampai 14 Agustus 2024.

Upacara pembukaan Perkemahan tersebut dihadiri Ketua Kwarrang Bulukumpa Muhammad Dahlan, Para Kambigus Para Pembina, Bina Damping, beserta ratusan peserta perwakilan sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Bulukumpa dengan tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".

Ketua Panitia Perkemahan Pramuka Kecamatan Bulukumpa, Alimuddin saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan.

Ketua Panitia Alimuddin dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan pogram kerja Kwarang Bulukumpa yang bertujuan untuk memperingati Hari Pramuka ke-63, membangun peserta didik Melalui rangkaian kegiatan kepramukaan, memperkuat ikatan persaudaraan antara anggota Pramuka, memberikan pengalaman belajar yang berfokus pada pengembangan karakter dan kepemimpinan peserta didik dan meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya pelestarian alam dan keberlanjutan lingkungan.

"Jenis lomba untuk tingkat SD/MI yakni menara bendera, pemecah sandi, LKBB, SMP/MI Pionering Kreatif, LKBB, SMS, Pionering Kerapan Sapi, SMA Pionering Smaphore Pangkalan, Pionering Kreasi PA PI, LKBB Pangkalan, Rangking 1, Senam Pramuka Jilid 1. Penghargaan Penggalan SLTP yakni teraktif, terdisiplin, terbaik, tersopan, terinovatif, tergiat, terampil, terheboh, terkretif, terbersih, tersehat, dan teramanah. Untuk penegak kepemimpinan, kerja sama, penghargaan kreatifitas, kerampilan pramuka, sikap dan etika, penghargaan keberanian dan artisipasi aktif," ujarnya.

Di tengah semangat kepramukaan yang membara, Alimuddin mengajak seluruh peserta agar bersatu, berkolaborasi, dan berusaha menjadi generasi muda yang tak kenal lelah dalam menggapai impian dan mewujudkan potensi terbaik, serta merekatkan persaudaraan, memperkaya diri dengan ilmu dan keterampilan, dan menghidupkan api semangat kepramukaan di hati.

"Jadikan setiap momen di sini sebagai tonggak awal perjalanan kita menuju kesuksesan, kebaikan, dan perubahan positif dalam diri kita, komunitas, dan bangsa ini. Bersama-sama, mari kita terus membangun sumber daya manusia yang profesional, berintegritas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan dengan optimisme dan keberanian. Teruslah bermimpi, beraksi, dan menjadi perubahan yang positif. Terima kasih kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan perkemahan ini, dan semoga kita semua meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam perjalanan kepramukaan kita," tutupnya.

Suasana pembukaan Perkemahan Pramuka di Kecamatan Bulukumpa.

Sementara itu, Kamabiran Kwarran Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan tema perkemahan tahun ini adalah "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI" dengan tagline "Mariopulana". Tema ini sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini yang membutuhkan generasi muda yang berjiwa Pancasila dan siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Pramuka adalah gerakan yang mendidik generasi muda untuk menjadi manusia yang berkarakter, berbudi pekerti luhur, dan cinta tanah air. Melalui berbagai kegiatan pramuka, adik-adik dilatih untuk menjadi pemimpin yang tangguh, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Oleh karena itu, perkemahan ini bukan hanya sekadar ajang berkumpul dan bermain, tetapi juga merupakan kesempatan untuk belajar dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam diri setiap pramuka Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan beberapa hal penting yang perlu kita pegang teguh selama perkemahan," bebernya.

Kamabiran bersama KaKwarrang dan Panitia kegiatan saat melakukan kunjungan tenda peserta.

Ia juga menyampaikan Tagline "Mariopulana" yang diangkat juga memiliki makna yang dalam Mariopułana mengajak semua untuk selalu menjaga dan morselihara semangat persatuan dan kesatuan. 

"Saya berharap, melalui perkemahan ini, adik-adik pramuka dapat mengembangkan keterampilan, menambah pengetahuan, dan yang paling penting. membentuk karakter yang kuat dan berjiwa Pancasila. Jadikanlah pengalaman di perkemahan ini sebagai bekal untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas, yang siap menjaga dan membangun negeri ini," bebernya.

Beliau juga mengucapkan selamat berkemah, selamat belajar, dan selamat menikmati setiap momen berharga di perkemahan ini.

"Selamat mengikuti perkemahan Hari Pramuka ke-63. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan penuh manfaat. Mari bersama-sama kita wujudkan Pramuka yang berjiwa Pancasila dan menjaga NKRI," tutupnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan