Peduli Kesehatan Warga, Nakes di Seppang Deteksi PTM

  • Bagikan
Pemeriksaan kesehatan bagi warga di Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

UJUNGLOE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kesehatan secara prima. Seperti yang dilakukan baru-baru ini melalui kegiatan Posbindu (Pos binaan tepadu), dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga.

Kepala Desa Seppang, Samsu mengatakan pemeriksaan kesehatan melalui Posbindu adalah upaya untuk mendeteksi dini PTM (Penyakit Tidak Menular).

"Adapun sasaran target dari kegiatan posbindu ini adalah warga yang berusia 15 tahun dan  59 tahun dan lansia usia 60 tahun ke atas," katanya, Minggu, 11 Agustus 2024.

Menurutnya, warga yang hadir disetiap kegiatan Posbindu dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran berat badan, pengecekan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, pemeriksaan kolesterol, dan pemeriksaan asam urat.

"Dilaksanakan pula kegiatan berupa konseling dan penyuluhan kesehatan dengan memberikan informasi-informasi kesehatan kepada sasaran yang hadir," jelasnya.

Bentuk kepedulian pemerintah desa tidak hanya terfokus pada kegiayan Posbindu, tetapi juga kegiatan Posyandu dan kelas ibu hamil.

"Melalui kelas ibu hamil, maka sasaran diedukasi bagaimana menjaga kandungannya dengan memperhatikan asupan gizinya, kemudian juga hal-hal apa yang harus dipersiapkan sebelum dan setelah melahirkan," tambahnya.

Sementara untuk kegiatan Posyandu yang dilaksanakan setiap bulannya, dengan melibatkan tim tenaga kesehatan dari puskesmas maka dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada bayi, balita dan anak-anak.

"Pelayanan kesehatan kepada bayi, balita dan anak-anak, berupa pemeriksaan kesehatan, imunisasi dan pemberian vitamin," tutupnya. (**).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan