Satu-satunya Dari Sulawesi, Tim SMAN 3 Lolos ke Tingkat Nasional FIKSI

  • Bagikan

Pembina dan tim SMAN 3 Bulukumba yang berhasil lolos ke tingkat nasional FIKSI.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim SMAN 3 Bulukumba lolos ke tingkat Nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Tahun 2024. Hal tersebut berdasarkan pengumuman hasil seleksi baru-baru ini.

Peserta didik yang tergabung dalam tim tersebut yakni Uun Arsa Ramadhani Kelas XII MIA 1 dan Imam Nurainun Mansyur Kelas XII MIA 5 dengan judul Penelitian yang mengantarkan lolos ke tingkat nasional adalah Smart Safe Guard Gas "Aplikasi Andoid Monitoring Kebocoran Gas Rumah Tangga Berbasis Teknologi Arduino".

Selaku Pembina peserta didik SMA Negeri 3 Kabupaten Bulukumba, Riswanto mengaku sangat bangga atas keberhasilan tim peserta didiknya. Dimana tim tersebut merupakan satu-satunya tim dari Sulsel bahkan se Pulau Sulawesi yang berhasil lolos ke tingkat nasional pada ajang kompetisi bergengsi tersebut.

"Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik SMA dan SMK seluruh Indonesia. Kegiatan ini memadukan antara Penelitian, Inovasi dan Wirausaha. Jadi hasil inovasi peserta didik sudah siap untuk masuk ke dunia usaha. Alhamdulillah tim kami berhasil lolos ke tingkat nasional," ungkapnya, Minggu 11 Agustus 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan keberhasilan yang dilalui tidak semudah yang bayangkan pasalnya, timnya mengikuti seleksi berkas dan proposal diikuti ribuan peserta se Indonesia kemudian tersaring 500 peserta yang lolos ke tahap 1 termasuk tim SMAN 3. Kemudian timnya bersaing kembali untuk lolos menuju tahap final dan ketika lolos lagi maka itulah yang akan berangkat ke tingkat Nasional mewakili daerah masing-masing.

"Di tahap 2 ini peserta didik kami memperagakan alat melalui video yang kami Buat tentang, "Bagaimana Cara penggunaan produk, Keunggulan Produk, Uniqe Selling Point, Kemudian Target Pasarnya kemana, bagaimana cara memasarkan, analisis swot dan perhitungan keuangan sehingga bisa nanti mendapatkan keuntungan ketikan produk hasil inovasi masuk di dunia Wiirausaha. Hingga akhir ada pengumuman tim kami dinyatakan lolos ke tingkat nasional," tambahnya.

Riswanto berharap Allah mudahkan mereka dapat medali di tingkat Nasional untuk membanggakan daerah Sulawesi Selatan, khususnya Bulukumba kemudian membanggakan sekolah dan keluarga.

"Untuk pemberangkatan menunggu Zoom dari Kementerian mengenai Teknis kenerangkatan, Persiapan Expo untuk seluruh finalis. Kalau dilihat dari Juknis kegiatan di tingkat nasional akhir Agustus hingga awal September 2024," tutupnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan