Pengamat Politik soal Pilkada Bulukumba: Petahana Berpotensi Lawan Kotak Kosong

  • Bagikan
Nurmal Idrus, Direktur Lembaga Riset Nurani Strategic

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Peluang calon petahana untuk melawan kotak kosong dalam Pilkada Bulukumba 2024 semakin terbuka lebar. Hal ini disampaikan oleh Direktur Lembaga Riset Nurani Strategic, Nurmal Idrus, yang menilai belum adanya pergerakan signifikan dari calon rival menjadi salah satu faktor utama.

"Peluang terjadinya Paslon (Pasangan Calon Petahana) versus kolom kosong sangat terbuka di Bulukumba. Belum ada pergerakan yang berarti dari calon rivalnya," ungkap Nurmal saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Rabu, 14 Agustus 2024.

Nurmal menjelaskan bahwa elektabilitas Andi Muchtar Ali Yusuf, sebagai calon petahana, masih berada di posisi yang sangat tinggi dibandingkan calon-calon lainnya.

"Kombinasi faktor ini membuat semakin sulit untuk mengimbangi laju peluang petahana di Pilkada Bulukumba," ujarnya.

Lebih lanjut, Nurmal menyatakan bahwa meskipun fenomena calon melawan kotak kosong adalah hal yang legal dalam demokrasi, namun hal tersebut tidak memberikan banyak ruang bagi masyarakat untuk menentukan pilihan terbaik mereka.

"Demokrasi kita melegalkan hal itu (kotak kosong, red). Namun, tentu ada nilai dan etika demokrasi yang harus dijalankan di mana kolom kosong tak banyak memberi ruang kepada pemilih untuk memilih figur terbaik," jelasnya.

Nurmal juga mengindikasikan bahwa keberhasilan petahana dalam menjalankan pemerintahannya dapat menjadi alasan utama mengapa kotak kosong bisa menjadi satu-satunya pesaing.

"Jika elektabilitas tetap bagus jelang Pilkada bagi seorang petahana, maka itu pasti salah satu faktornya adalah kemampuannya dalam melaksanakan semua programnya dianggap bagus oleh pemilih," terangnya.

Terkait calon wakil yang akan mendampingi Andi Muchtar Ali Yusuf, Nurmal menyarankan agar petahana memilih sosok yang dapat membuatnya nyaman dalam menjalankan pemerintahan ke depan.

"Karena ini periode terakhirnya, maka dia memerlukan wakil yang bisa membuatnya nyaman bekerja agar lebih banyak program yang bisa diselesaikan," sarannya.

Nurmal menambahkan, calon wakil yang ideal untuk Andi Muchtar adalah seseorang yang mampu memberikan dukungan politik di DPRD Bulukumba agar tidak terjadi banyak gangguan dari legislatif.

"Calon wakilnya juga mesti tak banyak melakukan improvisasi politik dan konsentrasi memberi dukungan untuk menyelesaikan semua program," tutup Nurmal.****

  • Bagikan