Monev Lokasi Lomba Desa Ketahanan Pangan, Pemdes Lonrong Diminta Tingkatkan Inovasi Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Pelaksanaan lomba ketahanan pangan, di Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe.

UJUNGLOE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Desa Lonrong, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, menjadi tempat pelaksanaan kegiatan monitoring lomba desa ketahanan pangan yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait, seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), serta Camat Ujung Loe. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pemerintah desa dan masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Irmayani, Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Bulukumba, memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Lonrong dengan mengangkat kisah inspiratif dari wilayah Ela-ela. 

"Di sana, Ibu Lili telah berhasil menciptakan rumah dengan paket lengkap ketahanan pangan, meski dengan lahan yang terbatas. Rumah tersebut dilengkapi dengan sayuran hidroponik, perikanan, dan peternakan, menjadikannya sebagai model yang dapat diikuti oleh masyarakat lainnya," katanya, saat melaksanakan Monev, Selasa, 13 Agustus 2024 lalu.

Irmayani juga mendorong pemerintah desa untuk terus berinovasi dalam bidang ketahanan pangan, dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi lokal.

"Penting kiranya ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah desa dalam menciptakan sistem ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan," jelasnya.

Sekadar informasi monitoring tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pemerintah Desa Lonrong dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang hadir. Dengan adanya monitoring ini, diharapkan Desa Lonrong dapat semakin meningkatkan upaya-upaya dalam mencapai ketahanan pangan yang lebih baik dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Bulukumba. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version