Edukasi Pemilih Pemula, Bawaslu Bulukumba Harap Generasi Muda Tidak Apatis Hadapi Pilkada

  • Bagikan
Edukasi pemili pemula oleh Bawaslu Bulukumba. (FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN).

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Partisipasi masyarakat merupakan salah satu peran yang harus ada dalam penyelenggaraan demokrasi terutama dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilhan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, Bawaslu Kabupaten Bulukumba menyasar pemilih pemula. Salah satunya melalui program Bawaslu menyapa pemilih pemula dan pemilih muda yang dilaksanakan di RM HDR, Minggu, 18 Agustus 2024.

"Kegiatan ini salah satu bentuk program Bawaslu. Karena peran aktif anak muda khususnya pemilih pemula sangat menentukan masa depan bangsa ini," kata Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar.

Menurutnya, Bawaslu terbatas dari sisi sumberdaya, sehingga penting memaksimalkan keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan.

Partisipasi ini penting dilakukan masyarakat terhadap pencegahan tindak pelanggaran pemilu serta kesadaran masyarakat untuk menolak terjadinya kecurangan.

"Pemilih pemula juga memiliki kekuatan di luar bilik suara, mereka dapat menggalang dukungan untuk isu-isu yang mereka pedulikan, memobilisasi teman-teman sebaya mereka, dan memanfaatkan media sosial dan platform online untuk mengampanyekan perubahan," jelasnya.

Berdasarkan data pada Pemilu 2024 lalu, Pemilih Gen Z sekitar 63.866, sedangkan Pemilih Millineal sekitar 100.666, jika ditotal ada sebanyak 164.532 dari Jumlah DPT sebanyak 340.541, yang artinya 48% dari total DPT adalah pemilih Gen Z dan Pemilih Milennial.

Bakri menambahkan bahwa generasi muda memiliki suara berharga dalam demokrasi, suara pemilih muda memiliki potensi untuk menggeser paradigma politik, mengusulkan isu-isu baru dan memilih pemimpin yang berkomitmen pada perubahan positif.

"Sehingga adik-adik pemilih pemula tidak boleh melihat politik sebagai sesuatu yang tabu, semua harus melek politik, kita tidak boleh apatis, pemilih pemula harus memastikan seluruh pelaksanaan pemilu berjalan sesuai regulasi," tambahnya.

Sekadar informasi, di akhir kegiatan, Bawaslu Bulukumba juga mengumumkan pemenang reels challenge konten video edukatif Tingkat SMA/SMK.

Masing-masing pemenang Juara 1 dari SMAN 18 Bulukumba, Juara 2 dari SMAN 1 Bulukumba tim A. Adela dkk, Juara 3 dari SMKN 7 Bulukumba, Juara favorit dari SMAN 1 Bulukumba tim Unost dan Juara dengan like terbanyak dari SMAN 7 Bulukumba. Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Akademisi STAI Algazali Bulukumba, Dr. Andi Muh. Asbar. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version