MAS Darul Qalam Sukses Laksanakan ANBK

  • Bagikan

ANBK di MAS Darul Qalam Bulukumba, Senin, 19 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MAS Darul Qalam Bulukumba melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai program evaluasi yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan diikuti 19 peserta didik bertempat di Laboratorium Madrasah, mulai Senin 19 sampai 20 Agustus 2024.

Kepala MA Darul Qalam Bulukumba, Abdullah menyampaikan apresiasi dan selamat kepada seluruh peserta didik yang mengikuti ANBK  semoga menjadi spirit untuk mengembangkan potensi pendidikan ke depannya.

"Pelaksanaan ANBK ini menggunakan tiga instrumen yang mana akan menjadi proses pengembangan pengetahuan peserta didik dan perlu kecakapan dan ketelitian dalam menjawab soal-soal," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tiga instrumen tersebut ialah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), menilai kompetensi dasar yang dibutuhkan siswa untuk berkembang dan berpartisipasi secara positif dalam masyarakat, Survei Lingkungan Belajar digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek-aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan dan survei karakter untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik.

"Instrumen ini berdasarkan pada profil pelajar pancasila yang mencakup enam karakter utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, kreativitas, nalar kritis, kebhinekaan global, dan kemandirian," tuturnya.

Sementara itu, Asmil, selaku Proktor mengungkapkan pelaksanaan ABKN ini sangat penting karena dapat membantu peserta didik terlatih berfikir kritis dan rasional serta analisis tinggi dalam mengembangkan potensinya.

"ANBK diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas kepada Siswa tentang peningkatkan kualitas pendidikan di madrasah," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan