SMAN 1 Bulukumba Jalin MoU dengan KUA Ujung Bulu

  • Bagikan

KUA Ujungbulu saat melakukan kunjungan di SMAN 1 Bulukumba dan melakukan BRUS, Selasa 20 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 1 Kabupaten Bulukumba terima kunjungan KUA Ujung Bulu bersama Pengurus IPARI Kabupaten Bulukumba dalam rangka Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), berlangsung di Masjid Nurul Tarbiyah (masjid sekolah), Selasa, 20 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut diikuti 113 peserta didik yang tergabung dalam kelompok kelas tahfidz program SMAN 1 Bulukumba.

Kepala KUA Ujung Bulu, H. Muhammad Ansar Mahdy menjelaskan tentang keberadaan KUA dalam layanannya terhadap masyarakat termasuk pelaksanaan BRUS yang menyasar kepada anak sekolah yang diharapkan dampaknya akan mengurangi pernikahan anak.

"BRUS merupakan upaya Kementerian Agama untuk mengajarkan kepada peserta didik mengenali dirinya masing-masing, supaya bisa mengontrol emosinya. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk membekali dan menambah wawasan pada siswa , sehingga diharapkan peserta didik paham dan lebih siap dalam menghadapi  kehidupan  yang semakin komplek saat ini," ungkapnya.

Ia menuturkan beberapa issu besar tentang remaja Indonesia hari ini seperti pernikahan anak, pernikahan dini, seks diluar nikah, narkoba, balapan liar, begal, bullying, dan pengaruh buruk gadget terhadap remaja.

"Terlepas dari banyaknya remaja yang bisa jadi role model bagi remaja seusianya dalam menelorkan hal-hal positif. Tetapi tidak sedikit pula kasus-kasus miris yang menimpa mereka," tutupnya.

Sekadar disampaikan, Fasilitator dari KUA oleh Penyuluh Agama Islam, Asma Ramadhani dan H. Patahuddin yang mengarah pada penekanan mengelola diri dalam menghadapi berbagai pengaruh pergaulan bebas, terutama lewat media sosial yang  sangat pesat.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bulukumba, H. Rusli Umar menyampaikan pihak sekolah sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan BRUS di sekolah ini. 

"Kami berharap ke depannya semoga kegiatan luar biasa ini berlanjut di masa mendatang harapnya," harapnya.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan penandatangan MoU antar KUA Ujung Bulu dan SMAN 1 Bulukumba dalam pembinaan peserta didik di bidang keagamaan disaksikan masing-masing para  guru Pembina dan Tim Penyuluh Agama KUA Kecamatan Ujung Bulu. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan