DPMD Sebut Bontolohe Jadi Desa Pertama Selesaikan Asistensi RKPDes 2025

  • Bagikan
Tim penyusun RKPDes di Desa Bontolohe, Kecamatan Rilau Ale.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Kabupaten Bulukumba, menyebutkan bahwa Desa Bontolohe, Kecamatan Rilau Ale, menjadi desa pertama yang selesai melaksanakan asistensi RKPDes tahun 2025.

Capaian Desa Bontolohe, kata Kepala DPMD Bulukumba, Hj Hamrina A Muri perlu diapresiasi, atas ketelitian dan kerja keras tim penyusun RKPDes di desata yang bersangkutan.

"Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk menyelesaikan  RKPDesnya dengan cepat dan tepat, serta berkualitas," katanya, Rabu, 21 Juli 2024.

Sebagai bentuk percepatan dan penyusunan RKPDes, maka Hj Rina mengubah pola asistensi, dengan cara menghadirkan  tim asistensi di satu lokasi, sehingga memudahkan pemerintah desa saat mengikuti asistensi.

"Kalau dulu tempat asistensinya beda-beda jadi itu menyita waktu, kalau sekarang dengan kondisi kantor yang luas, maka tim asistensi kami hadirkan di satu lokasi," jelasnya.

Bahkan tidak sampai disitu saja, lanjut Hj Rina, inovasi lainnya yang dilakukan  adalah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Sehingga jika ada koreksi dalam rancangan RKPDes yang diajukan desa, maka desa bisa langsung melakukan perbaikan terhadap dokumennya.

"Kamis siapkan printer, jadi kalau misalnya ada koreksi yang memang diselesaikan dengan cepat, maka kami arahkan desa untuk memperbaiki langsung, karena kami siapkan printer," tuturnya.

Hj Rina menambahkan bahwa pada penyusunan RKPDes di tahun ini, ia melibatkan semua bidang. Bukan hanya bidang Pemdes saja.

"Semua bidang saya suruh ikut terlibat langsung, kalau sebelumnyakan hanya bidang pemdes saja. Kalau sekarang semua bidang  saya ajak bergabung dalam penyusunan RKPDes," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bontolohe, Andi Sazil mengatakan bahwa pada penyusunan RKPdes ditahun ini hanya dua kali koreksi. Sehingga penyelesaian RKPDes bisa cepat.

"Tahun lalu itu Desa Bontolohe urutan kedua dan baru tahun ini menjadi desa tercepat dan pertama. Denga selesainya asitensi kami laksanakan tentu kami di desa juga sangat mengapresiasi DPMD karena terus berupaya membantu desa menuntaskan RKPDesnya," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version