Penyuluhan Pertanian, Pemdes Batulohe Harap Warga Lebih Inovatif Manfaatkan Lahan Pertanian

  • Bagikan
Penyuluhan pertanian di Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa.

BULUKUMPA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka  meningkatkan produksi pertanian di Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa,  baik tanaman jangka panjang  maupun pendek,  maka Pemerintah Desa Batulohe melaksanakan pelatihan bagi kelompok tani maupun kelompok wanita tani. Kegiatan tersebut berlangsung,  Kamis, 22  Agustus 2024.

Kepala Desa Batulohe, Ibnu Hajar menyampaikan bahwa ini tindak lanjut dari pembagian bibit yang di lakukan oleh pemerintah desa.

"Baik tanaman jangka panjang dan benih jangka pendek seperti sayuran. Jadi kita lakukan ini tindak lanjut dari bantuan bibit jadi masyarakat tidak hanya diberi bibit tapi dibarengi dengan ilmunya, makanya kami lakukan pelatihan pengelolaan pertanian," katanya Kamis, 22 Agustus 2024.

Dalam kegiatan ini Kepala BPP pertanian Bulukumpa,  Andi Rahmat menyampaikan bahwa pertanian berkelanjutan bukan hanya menanam tapi bagaimana mempersiapakan lahan yang akan ditanami.

"Pemerintah desa perlu diapresiasi, karena kegiatan pemerintah desa bukan hanya memberikan bibit tetapi tetap mengikuti dengan melakukan kegiatan pelatihan," tambahnya.

Sekadar informasi, pada penyuluhan pertanian ini, Pemerintah Desa Batulohe memberikan bantuan bibit sayuran kepada peserta dimana bibit ini bisa di tanam di pekerangan rumah untuk pemanfaatan pekarangan rumah. Hal ini dilakukan untuk menekan pengeluaran rumah tangga masyarakat dalam komsumsi sayuran. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan