Antusiasme Peserta Didik Warnai Pelaksanaan ANBK di MA Ma’arif Bulukumba

  • Bagikan

ANBK di MA Ma'arif Bulukumba yang digelar baru-baru ini.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif Bulukumba sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024 dengan lancar dan penuh antusiasme. Pelaksanaan ANBK yang berlangsung baru-baru ini, diikuti oleh seluruh siswa kelas XI, sebanyak 46 orang.

Kepala MA Ma'arif Bulukumba, Muhammad Yanis mengungkapkan bahwa pihak sekolah telah mempersiapkan pelaksanaan ANBK dengan sangat baik. 

"Kami telah melakukan simulasi sebelumnya untuk memastikan para siswa dan guru siap menghadapi ANBK. Alhamdulillah, pelaksanaan hari pertama ini berjalan lancar tanpa kendala teknis yang berarti," ujar Muhammad Yanis.

Diketahui, pelaksanaan ANBK di MA Ma'arif Bulukumba dibagi menjadi dua sesi, pagi dan siang, untuk menyesuaikan dengan ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet. Setiap sesi diikuti oleh 23 siswa yang dibagi dalam beberapa kelompok, sehingga setiap peserta dapat mengakses ujian dengan baik tanpa kendala berarti.

Selain itu, mempersiapkan aspek teknis, MA Ma'arif Bulukumba juga memastikan kesehatan dan keselamatan peserta tetap terjaga. Sebelum memasuki ruangan ujian, seluruh siswa dipastikan telah sarapan, untuk menjaga konsentrasi mereka selama ANBK berlangsung.

Muhammad Yanis menuturkan meskipun secara umum pelaksanaan ANBK di MA Ma'arif Bulukumba berjalan lancar, beberapa kendala teknis seperti melambatnya koneksi internet sempat menjadi tantangan. Namun, tim teknis sekolah dengan sigap menangani masalah tersebut, sehingga tidak mengganggu jalannya asesmen

"Kami sangat bersyukur atas kelancaran pelaksanaan ANBK ini. Harapannya, hasil dari ANBK ini bisa memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas pendidikan di MA Ma'arif Bulukumba dan menjadi acuan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran, juga dapat mempertahankan kualitas pendidikan yang baik serta terus mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan pendidikan di masa depan," tambahnya. 

Sementara itu, Salah satu peserta didik peserta ANBK, Muktialummah, menyatakan kebanggaannya bisa mengikuti asesmen ini. 

"Saya merasa cukup siap karena sudah belajar dan mengikuti simulasi sebelumnya. Meskipun awalnya sedikit gugup, tetapi setelah mulai, semuanya berjalan lancar," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan