Disparpora Ajak Masyarakat Sukseskan Festival Pinisi XIV

  • Bagikan
Rapat koordinasi persiapan festival pinisi

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan pelaksanaan festival pinisi XIV. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan  pada 6 hingga 9 September 2024 mendatang.

Plt. Kepala Bidang Pemasaran, Pengembangan Sumber Daya  Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Disparpora Bulukumba, Muhammad Taufik Rachman menyampaikan bahwa sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Disparpora.

"Jadi beberapa persiapan sudah kami laksanakan termasuk penentuan lokasi kegiatan, misalnya Andingingi dilaksanakan di Kawasan Adat Kajang, kemudiaan Anyyorong Lopi di Tanah Beru," katanya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Tidak hanya itu saja, sebagai salah satu spot yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan memiliki daya tarik tersendiri, menjadikan Pantai Merpati sebagai lokasi pembukaan dan puncak acara Festival Pinisi tahun 2024 ini.

"Di Pantai Merpati nantinya, bukan hanya sekadar kegiatan seremonial saja, melainkan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di sana, seperti kegiatan untuk UMKM sebagai bagian dari ekonomi kreatif, lomba mewarnai, pemilihan duta wisata serta banyak kegiatan lainnya," jelasnya.

Tidak kalah pentingnya juga, lanjut Taufik juga akan dilaksanakan karnaval budaya, yang nantinya akan star di Lapangan Pemuda dan Finis di Pantai Merpati.

"Olehnya itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan pelaksanaan festival pinisi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi berharap dengan kembalinya festival pinisi, dalam kharisma event nusantara menjadi magnet tersendiri wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Bulukumba.

"Menyaksikan ritual adat atau budaya terutama bagaiman ritual kapal pinisi sebelum ditarik ke laut untuk berlayar, dan juga khususnya masyarakat Bulukumba bangga dengan adanya event tahunan pinisi ini dan mudah-mudahan nantinya bisa menjadi pesta rakyat tahunan. Kami menargetkan wisatawan yang berkunjung selama pelaksanaan festival pinisi sebanyak 5.000 sampai 10.000 wusatawan," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani Salwar Editor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version