SMKN 9 Bulukumba Terapkan Program 3S

  • Bagikan

Penerapan program 3S di SMKN 9 Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMK Negeri 9 Kabupaten Bulukumba terus berkomitmen dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial di kalangan peserta didik melalui program Sedekah Seribu Sehari (3S). 

Kepala SMKN 9 Bulukumba, Nurhayati mengatakan program ini bertujuan untuk mengajarkan peserta didik pentingnya berbagi dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

"Setiap harinya, seluruh peserta didik, guru, dan staf sekolah diajak untuk menyisihkan seribu rupiah sebagai bentuk sedekah. Hasil dari pengumpulan ini nantinya akan disalurkan kepada mereka yang memerlukan, baik dalam bentuk bantuan langsung maupun kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ungkapnya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Guru SMKN 9 Bulukumba saat melakukan program 3S.

Nurhayati menuturkan melalui sedekah, semua akan belajar untuk saling peduli dan berbagi. Tidak hanya materi, tetapi juga nilai-nilai kebajikan yang kita tanamkan dalam diri masing-masing. Program 3S ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan positif yang terus dibawa oleh peserta didik hingga dewasa.

"Ini program adalah prioritas Pj. Gubernur Sulawesi Selatan. Mulai berjalan ditahun pelajaran baru yang tujuannya adalah membiasakan guru, staf TU dan siswa berterima kasih yang artinya dari setiap rezeki yang kita dapat (terima) kita diharapkan mampu memberi (kasih) kepada sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Ia mengungkapkan dari antusiasme dari seluruh warga sekolah terlihat dari partisipasi aktif dalam program ini. Setiap hari, jumlah sedekah yang terkumpul semakin meningkat, menunjukkan bahwa semangat berbagi telah menjadi bagian dari budaya sekolah.

"Dari program ini tidak hanya mencetak peserta didik yang unggul dalam akademik, tetapi juga membentuk karakter yang peduli dan berempati terhadap sesama. Semoga inisiatif ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan