Sekolah Keempat di Wilayah V Sulsel, SMAN 9 Bulukumba Launching Kelas Tahfiz Al-Qur’an

  • Bagikan

Launching kelas tahfidz di SMAN 9 Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMAN 9 Bulukumba, Sulawesi Selatan, membuka kelas penghafal kita suci Al-Qur'an (tahfiz), Jumat, 30 Juni 2024. Sekolah ini merupakan yang keempat yang meluncurkan program tahfiz Al-Qur'an di Wilayah V Dinas Pendidikan Sulsel, Bulukumba, Bantaeng, dan Sinjai.

Kepala UPT SMAN 9 Bulukumba, Sahabuddin mengatakan, tahun ini merupakan realiasi program tahfiz perdana di sekolahnya. Pihaknya membuka satu kelas tahfiz yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 20 perempuan.

"Ini adalah program inovasi sekolah kami melanjutkan program yang diluncurkan bapak gubernur sebelumnya (Andi Sudirman Sulaiman). Dalam peleksanaanya kami bekerja sama dengan RTQ (Rumah Tahfiz Qur'an) Al Ikhwan Borong Jati Bulukumba," ucapnya.

Selanjutnya, kata Sahabuddin, pihaknya kembali akan membuka satu kelas tahfiz di tahun pelajaran berikutnya. Melalui program ini, pihaknya menargetkan 50 persen siswa mampu menghafal 15 juz Al-Qur'an dan 10 persen hafarl 30 juz.

"Sesuai visi jangka menengah sekolah kami tahun ini, kita target 10 persen peserta didik itu mampu menghafal 10 juz Al-Qur'an sampai menamatkan diri. Karena 100 persen peserta didik kami di sini beragama Islam," tegasnya.

Ketua Komite, Andi Palilingi yang hadir dalam acara itu mengapresiasi program kelas tahfiz yang diluncurkan SMAN 9 Bulukumba. Menurutnya, pendidikan anak tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan umum tapi juga peda pembentukan karakter, salah satunya melalui program keagamaan kelas tahfiz ini.

"Alhamdulillah patutu disyukuri, kelas tahfiz di sekolah kita jadimi," singkatnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sulsel Wilayah V, Syamsurijal juga memberikan apresiasi dibukanya kelas tahfiz di SMAN 9 Bulukumba. Menurutnya, ini merupakan sekolah keempat di Kabupaten Bulukumba, Bantaeng, dan Sinjai, yang membuka kelas tahfiz.

"Tentu ini merupakan kado istimewa bagi saya di akhir masa jabatan sekaligus akhir masa tugas saya sebagai ASN. Semoga kedepan semua sekolah di Bulukumba khususnya merealisaikan program kelas tahfiz," pintanya.

Koordinator Kelas Tahfiz SMAN 9 Bulukumba, Herman, secara rinci menjelaskan, para peserta didik yang tergabung dalam kelas tahfiz ini melalui sejumlah tahapan seleksi. Salah satu syaratnya, siswa sudah dh mampu membaca Al-Qur'an.

"Semoga di tahun-tahun berikutnya kelas khusus tafhiz ini terus bertambah. Kita targetnya seluruh siswa juga sudah fasih membaga ayat suci Al-Qur'an," tutupnya.***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version