Tingkatkan Keterampilan Menulis Siswa, MTsN 2 Gelar Pelatihan KIR

  • Bagikan

Pelatihan KIR di MTsN 2 Bulukumba, di Lab Komputer Madrasah, Sabtu, 31 Agustus 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MTs Negeri 2 Kabupaten Bulukumba, melaksanakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Diikuti puluhan peserta didik berlangsung di Lab Komputer Madrasah, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Kepala MTsN 2 Kabupaten Bulukumba, Sabil mengatakan penulisan karya ilmiah salah satu program dari sekian program Eskul KIR yang telah dirancang tahun 2024 dan ini merupakan salah satu program keunggulan di madrasah.

"Dalam kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menulis, mengembangkan pemikiran, meningkatkan keterampilan menyajikan data, dan seabagi bahan referensi bagi penelitian selanjutnya," ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran program ini adalah membuka wawasan peserta didik bagaimana itu konsep Karya Tulis Ilmiah dan  juga untuk mengembangkan skill peserta didik dalam melatih keterampilan menulis ilmiah serta dapat melengkapi kecakapan cara berpikir kritis mengolah data dalam kegiatan pembelajaran.

"Kegiatannya dirancang pada empat tahap. Tahap pertama pengenalan teori, tahap penulisan karya ilmiah pada dasarnya mencakup menentukan ide yang akan ditulis,  mengumpulkan bahan atau sumber tulisan,  mengembangkan kerangka tulisan, menulis draft tulisan, menelaah dan merevisi draft tulisan; sampai finalisasi. Kegiatan ini berlangsung dengan beberapa tahapan  tahap kedua dan ketiga pekan depan tahap keempat pada pekan berikutnya," ujanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan selama menyusun Karya Tulis Ilmiah peserta didik akan didampingi oleh pendamping yang telah ditunjuk untuk mendapatkan konsultasi terkait penyusunan Karya Tulis Ilmiah.

"Mereka Dibimbing bagaimana mereka menentukan judul sampai cara mengolah data dan akan dipersentasikan. Melalui ini diharapkan dapat memperluas wawasan ilmu pengetahuan mereka tidak bingung  dengan penulisan karya tulis ilmiah juga  mampu bersaing dan unggul  karena sudah punya pengalaman," tutupnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan