10 TK di Bulukumba Berhasil Dijadikan Sekolah Negeri

  • Bagikan
TK Kartini Bukit Harapan yang kini telah menjadi sekolah negeri

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak sepuluh Taman Kanak-Kanak (TK) swasta di Kabupaten Bulukumba kini telah resmi berubah status menjadi TK Negeri. Perubahan status ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan aksesibilitas bagi anak-anak di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulukumba, Andi Buyung Saputra, mengungkapkan bahwa jumlah TK Negeri di Bulukumba telah meningkat menjadi 14.

"Saat ini kita sudah punya 14 TK yang berstatus negeri. Awalnya hanya ada 4, tapi di pemerintahan sekarang kita tambah 10 TK yang dinegerikan," ungkap Andi Buyung saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Selasa, 3 September 2024.

Meski begitu, masih ada sekitar 300 TK di Bulukumba yang berstatus swasta. Namun, Andi Buyung menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya untuk menambah jumlah TK Negeri secara bertahap sesuai dengan kondisi sekolah dan kemampuan keuangan daerah.

"Bertahap sesuai dengan kondisi sekolah dan kemampuan keuangan daerah. Untuk langkah awal, bapak bupati mengambil kebijakan ini agar sarana prasarana bisa dicover melalui DAK dan DAU," jelasnya.

Sementara itu, Quderiah salah satu guru di TK Kartini, Desa Bukit Harapan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Bulukumba yang telah menunjukkan keseriusannya terhadap peningkatan kualitas pendidikan utamanya di TK Kartini.

"Tentu kami sangat senang dan bangga, karena masalahnya selama ini memang fasilitas yang kurang memadai karena minim anggaran. Dengan status sekolah yang sudah negeri tentu akan lebih mudah mendapatkan anggaran pemerintah," ucapnya.

Adapun 10 TK yang telah berubah menjadi TK Negeri adalah sebagai berikut:

  1. TK Pertiwi Tanete menjadi TK Negeri Pertiwi Tanete, berlokasi di Tanete, Kecamatan Bulukumpa.
  2. TK Pusat Padu Ulul Azmi menjadi TK Negeri Pusat Padu Ulul Azmi, berlokasi di Desa Padang Loang, Kecamatan Ujung Loe.
  3. TK Padu Nurul Hidayah menjadi TK Negeri Padu Nurul Hidayah, berlokasi di Desa Bontoharu, Kecamatan Rilau Ale.
  4. TK Padu Harapan Bangsa menjadi TK Negeri Padu Harapan Bangsa, berlokasi di Desa Borong, Kecamatan Herlang.
  5. TK Padu Kusuma Bangsa menjadi TK Negeri Padu Kusuma Bangsa, berlokasi di Desa Bonto Matene, Kecamatan Rilau Ale.
  6. TK Padu Mawar Mattirowalie menjadi TK Negeri Padu Mawar Mattirowalie, berlokasi di Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang.
  7. TK Pusat Padu Bontobiraeng menjadi TK Negeri Pusat Padu Bontobiraeng, berlokasi di Desa Bontobiraeng, Kecamatan Kajang.
  8. TK Pusat Padu Kartini menjadi TK Negeri Pusat Padu Kartini, berlokasi di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang.
  9. TK Pertiwi Ujungbulu menjadi TK Negeri Pertiwi Ujungbulu, berlokasi di Kelurahan Terang-Terang, Kecamatan Ujungbulu.
  10. TK Padu Kusuma Wijaya menjadi TK Negeri Padu Kusuma Wijaya, berlokasi di Kelurahan Benjala, Kecamatan Bontobahari.

Dengan perubahan status ini, diharapkan kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Bulukumba akan semakin meningkat, serta dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam mencetak generasi yang berprestasi di masa depan.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba pun terus berupaya untuk memajukan sektor pendidikan melalui berbagai program dan kebijakan yang tepat guna.****

  • Bagikan