Kampanyekan GEMARIKAN, Dinas Perikanan  Lomba Masak Serba Ikan

  • Bagikan

Suasana pembukaan Lomba Masak Serba Ikan di Gedung Phinisi Bulukumba, Lantai 4, Senin 2 September 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Puluhan peserta mengikuti Lomba Masak Serba Ikan dengan mengusung tema "Protein Ikan Untuk Generasi Emas" yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba Bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Bulukumba, berlangsung di Gedung Phinisi Bulukumba, Lantai 4, Senin 2 September 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Ketua TP-PKK Bulukumba, unsur Forkompinda, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Lomba masak-masak serba ikan.

Bupati H. Andi Muchtar Ali Yusuf dam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Beliau berpesan melalui lomba ini dapat mengangkat kembali cita rasa makanan khas daerah, juga diharapkan akan dapat menumbuhkan kreativitas dalam mengolah menu makanan yang bukan hanya bercita rasa lezat dan gizi seimbang.

"Saya berharap agar para peserta mampu mengembangkan menu B2SA yang berbasis pada kearifan lokal, unik dan menarik dan tidak kalah dengan makanan modern yang instan atau makanan siap saji yang banyak disukai masyarakat," ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua TP-PKK Bulukumba, Beliau menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan kolaborasi  mengucapkan terima kasih atas usaha dan kreativitas yang telah ditunjukkan. Kami juga menngharapkan kepada para camat, seluruh kepala opd lingkup pemerintah Kabupaten Bulukumba serta pihak-pihak terkait dapat melakukan berbagai upaya dalam rangka menjamin ketahanan pangan dan peningkatan konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Bulukumba.

"Semoga lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba, Kusnadi Kamal menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan program dan kegiatan Dinas Perikanan serta untuk menambah ragam menu olahan ikan, upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat terus dilakukan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). 

"Gerakan memasyarakatkan makan ikan adalah salah satu program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. Ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat komsumsi ikan masyarakat Indonesia. Sebagai informasi bahwa tingkat konsumsi ikan nasional tahun 2023 sebesar 56.48 kg perkapita pertahun, jauh dibawah Malaysia 80 kg perkapita pertahun dan Singapura 90 kg perkapita pertahun. Untuk 2024, KKP menargetkan tingkat konsumsi ikan rata-rata sebesar 62,5 kg/kapita," bebernya.

"Kabupaten Bulukumba mempunyai tingkat konsumsi ikan sebesar 55 kg perkapita pertahun, kurang lebih sama dengan tingkat konsumsi nasional. Namun sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Sulawesi Selatan, harusnya Bulukumba bisa lebih besar dari itu. Mudah-mudahan dengan kegiatan tahun in dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan sebagai sumber protein keluarga dalam menuntaskan percepatan angka penuruan stunting di Kabupaten Bulukumba," tutupnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan