Akses Layanan, Program JKN Menjadi Penolong Darmayanti dan Keluarga

  • Bagikan
Darmayanti (38), saat ditemui bersama sang suami, ia mengakui rasakan berbagai manfaat dengan menjadi peserta JKN.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Darmayanti (38) dan keluarga rasakan betul bagaimana program ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat dalam hal pembiayaan layanan kesehatan, terutama ketika membutuhkan perawatan di fasilitas kesehatan.

Menurut Darmayanti, BPJS Kesehatan melalui Program JKN sangat membantu meringankan beban finansial dirinya, sehingga ia dan keluarganya tidak perlu khawatir ataupun  risau dan bisa lebih fokus pada proses penyembuhan tanpa harus terbebani oleh biaya pengobatan yang tinggi. Terlebih lagi, saat ini suami Darmayanti tengah dirawat di Klinik Mega Sehati sebab penyakit yang di deritanya.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan, karena saya tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan selama di Klinik Mega Sehati), apalagi penyakit bapak (suami Darmayanti) cukup serius, tentu biayanya juga mahal,” sebut Darmayanti.

Darmayanti menceritakan suaminya telah mengidap penyakit yang cukup parah dan sudah berlangsung lama, sehingga mengharuskannya untuk bolak balik fasilitas kesehatan, sebab penyakitnya memerlukan perawatan jangka panjang dan sering kali memerlukan kunjungan rutin ke fasilitas kesehatan untuk pemantauan dan pengobatan.

“Kemarin malam, bapak mengeluh nyeri di sekitar perut sampai ulu hati, jadi saya segera bawa ke klinik, untuk bisa segera diobati sama dokter. Ini sudah empat kalinya bapak dirawat di sini,” sambung Darmayanti.

Terdaftar sebagai peserta JKN pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal sebagai peserta mandiri kelas 3, Darmayanti mengaku puas dengan pelayanan kesehatan di Klinik Mega Sehati. Hal Ini menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan yang dituju telah memberikan perhatian yang setara kepada seluruh pasien, tanpa memandang kelas atau status.

“Selama berobat di sini, dari dulu hingga sekarang, saya tidak pernah mendapatkan kendala, semuanya sangat memuaskan, dokternya selalu rutin mengecek dan periksakan suamiku, perawatnya juga sangat ramah, jadi kami merasa sangat terbantu selama di sini,” sebut Darmayanti,  

Pelayanan yang dirasakan Darmayanti adalah adalah bukti komitmen dari BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk selalu memastikan agar semua pasien mendapatkan perawatan yang bermutu dan berkualitas. Bukan hanya dari segi medis tetapi juga dari sisi kenyamanan pasien dan keluarga. Hal ini sangat penting, terutama bagi pasien yang harus menjalani perawatan jangka panjang seperti suami Darmayanti.

Selain untuk pengobatan suaminya, wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini mengakui bahwa Program JKN juga telah membantunya saat harus melakukan operasi pada benjolan di pahanya.

“Kalau saya pribadi juga pernah pakai BPJS Kesehatan, waktu itu ada benjolan di pahaku, jadi sama dokter disarankan untuk dioperasi, alhamdulillah operasi berjalan lancar dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan sama sekali,” ungkap wanita yang bertempat tinggal di Padang Loang tersebut.

Kesehatan keluarga tentu menjadi prioritas Darmayanti, memiliki tubuh yang sehat adalah hal yang paling utama dan menjadi prioritas dalam kehidupan. Apalagi baru-baru ini, anak Darmayanti juga pernah mendapatkan pelayanan kesehatan akibat gigi anaknya yang lubang dan perlu ditambal. 

Oleh karena itu, Darmayanti mengajak seluruh masyarakat agar segera bergabung menjadi peserta JKN agar turut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang murah, berkualitas dan setara.

BPJS Kesehatan membantu memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan kesehatan yang diperlukan untuk menjaga atau memulihkan kesehatan mereka. Dengan menjadi peserta JKN, seluruh anggota keluarga bisa mendapatkan akses ke berbagai layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan rutin, pengobatan penyakit ringan, hingga perawatan untuk kondisi kesehatan yang lebih serius. 

"Besar harapan kami agar BPJS kesehatan tetap mempertahankan kualitas layanan yang diberikan," pungkasnya. (Mad/Has)

  • Bagikan

Exit mobile version