Ponpes Babul Khaer Sambut Baik Pelaksanaan BRUS di Pesantren

  • Bagikan

BRUS di Ponpes Babul Khaer Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ujung Bulu menggelar kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) kepada Santri-santriwati Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Babul Khaer Bulukumba, Selasa, 3 September 2024.

Kegiatan ini yang kedua kalinya ini dipusatkan di Aula Kantor Yayasan PP Babul Khaer ini dan diikuti oleh 210 santri-santriwati Madrasah Aliyah kelas X sampai XII. Turut hadir Kepala Madrasah Aliyah Syamsuddin,S.Ag, M.Pdi, para pembina  PP Babul Khaer serta Penyuluh Agama Ujung Bulu.

Kegiatan BRUS kali ini menyoroti dua isu krusial yang dihadapi remaja, yaitu kenakalan remaja dan pencegahan pernikahan anak.

Fasilitator memberikan materi yang komprehensif mengenai perubahan fisik dan psikologis serta cara-cara mencegah penyakit menular.

Ustadz H.Patahuddin, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Ujung Bulu saat menyampaikan materi memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak negatif pernikahan anak terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial remaja. Beliau juga menekankan pentingnya pendidikan dan persiapan yang matang sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Kepala KUA Ujung Bulu, H. Muhammad Ansar Mahdy, mengapresiasi kerjasama lintas sektor yang terjalin dalam kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara rutin untuk memberikan bekal yang memadai bagi remaja dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Dengan memberikan pemahaman yang benar tentang pernikahan, kita berharap  mencetak generasi muda yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia," ujar Kepala KUA Ujung Bulu dalam sambutannya

Senada dengan, Kepala KUA, Kepala Madrasah Aliyah PP Babul Khaer, Ustadz Syamsuddin, juga menyambut baik pelaksanaan BRUS di lingkungan pesantren.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi santri-santri kami. Pengetahuan yang mereka peroleh akan menjadi bekal berharga dalam menjalani kehidupan," tutupnya.

Kegiatan ini ditandai dengan Penandatangan MoU dalam pembinaan santri antara kepala Madrasah Aliyah Babul Khaer dengan Kepala KUA Ujung Bulu. BRUS kali ini tampil dengan suasana yang berbeda konsep ceria para peserta dengan mengajak bernyanyi bersama sebelum materi di mulai oleh Asma Ramadhani dan dipandu oleh MC Hasidal dan Reza Artansiadi. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan