Semua Diajak Meriahkan Festival Pinisi 2024

  • Bagikan
Kegiatan Kirab Budaya Festival Pinisi 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Feriawan Z Fahmi, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bulukumba untuk turut memeriahkan Festival Pinisi 2024. Festival yang memasuki tahun ke-14 ini akan digelar mulai Jumat hingga Minggu, 6 sampai 8 September 2024.

Festival Pinisi 2024 akan berlangsung di tiga lokasi berbeda, Pantai Merpati sebagai tempat acara pembukaan dan penutupan, Kawasan Adat Tanah Toa Kajang untuk kegiatan ritual Andingingi, serta Kawasan Pembuatan Kapal Pinisi Tanah Beru yang akan menggelar ritual Songka Bala Ri Bantilang hingga Annyorong Lopi.

Salah satu acara utama dalam rangkaian Festival Pinisi adalah Kirab Budaya, di mana masyarakat akan mengenakan pakaian hitam khas Kajang dan berjalan santai dari Lapangan Pemuda menuju Pantai Merpati. Kirab ini akan digelar pada Minggu, 7 September 2024, pukul 15.00 WITA.

"Sama seperti tahun sebelumnya, kita targetkan ribuan peserta dapat berpartisipasi dengan mengenakan pakaian hitam-hitam," ujar Feriawan.

Feriawan juga berharap Festival Pinisi 2024 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Bulukumba.

"Festival Pinisi tahun ini memasuki tahun ke-14. Semoga bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dengan masuknya FP dalam kalender event nasional KEN 2024. Ini memotivasi pemerintah kabupaten, masyarakat, dan swasta untuk mempertahankan event ini di level nasional," ungkapnya.

"Kami berharap event ini dapat memberikan multiplier efek yang signifikan terhadap perputaran ekonomi di Bulukumba," tambahnya. ****

  • Bagikan