Siap Siap, Selayar Jadi Sasaran Kunjungan Baksos Kemensos RI

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Menteri Sosial RI dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, dalam rangkaian bakti sosial di bumi berjuluk Tanadoang ini.

Hal ini terungkap dalam rapat finalisasi persiapan penyambutan Kemensos bersama rombongan, yang dipimpin oleh Wakil Bupati H. Saiful Arif, SH di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Jumat (6/9/2024).

Usai memimpin rapat, Saiful Arif kepada pewarta mengatakan, Kemensos dan rombongan dijadwalkan tiba di Selayar pada 9 September mendatang.

"Saya baru saja memimpin rapat finalisasi persiapan penerimaan kedatangan Menteri Sosial RI bersama rombongan. Kami membicarakan masalah teknis penerimaan termasuk kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan, terutama kegiatan inti dan kegiatan pendukung lainnya. Dalam rapat menyimpulkan kita siap menerima kunjungan Menteri Sosial RI," ucap Saiful Arif.

Saiful Arif menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Kemensos karena telah memilih Selayar sebagai titik bakti sosial, terlebih akan memberikan bantuan tak terduga kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Persiapan penyambutan kedatangan Kemensos, kita semua telah berbagi tugas dari semua OPD, termasuk forkopimda berdasarkan tupoksinya masing-masing," tutup Saiful Arif.

Sementara Cecep Sulaiman dari sentra atau panti dibawa naungan langsung Kemensos menyebutkan bahwa tujuan baksos semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Itu sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Sulsel, meski belum semuanya terjangkau, dan saat ini kita akan laksanakan di Kabupaten Kepulauan Selayar," terangnya.

Cecep menyampaikan sejumlah agenda kegiatan bakti sosial Kemensos. Disebutkan, dari hasil assessment akan menyasar 1.580 orang calon penerima manfaat yang terbagi kedalam beberapa sasaran program. Diantaranya pemberian bantuan kebutuhan hidup layak. Kemudian kata dia ada bantuan sarana kamar, sarana dapur, perlengkapan sholat dan kewirausahaan.

"Ada 124 orang penyandang disabilitas mendapatkan alat bantu disabilitas sesuai dengan apa yang dibutuhkannya, seperti kursi roda elektrik, kursi roda biasa, alat bantu dengar sampai dengan tongkat," jelasnya.

Lanjut Cecep, direncanakan akan membangun lumbung sosial di Kecamatan Benteng, khusus diperuntukkan untuk mereka yang telah selesai atau dalam pemulihan dari penyakit kusta. Selanjutnya kata Cecep direncanakan akan membangun sarana air bersih di Desa Appatanah dan Desa Binanga Sombayya Kecamatan Bontosikuyu.

Sejumlah agenda lain dalam baksos Kemensos ini adalah operasi katarak di RSUD Kh. Hayyung. Setelah dilakukan skrining, ada 272 pasien Katarak siap dioperasi dan selanjutnya pasca operasi akan diberikan bantuan nutrisi. Bantuan khusus anak kepada 153 orang berupa bantuan peralatan sekolah dan nutrisi, dan bakti sosial terapi fisik dan kesehatan terhadap penyandang disabilitas dengan mendatangkan tiga orang terapis dari Solo dan Makassar.

Selain pimpinan OPD terkait, dalam rapat finalisasi penyambutan Kemensos ini, dihadiri oleh Dandim 1415 Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kajari Kepulauan Selayar Apreza Darul Putra, SH., MH, perwakilan dari Kapolres dan undangan lainnya. (Im)

  • Bagikan