KPU Bulukumba Gelar Kompetisi Debat antar Pelajar, SMAN 1 Bulukumba Keluar Jadi Juara

  • Bagikan
Kompetisi debat antar pelajar yang digelar oleh KPU Bulukumba di Hotel Agri, Minggu, 8 September 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba mengadakan kompetisi debat antar pelajar SMA/sederajat se-Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Agri Bulukumba pada Minggu, 8 September 2024.

Debat ini diikuti oleh sembilan sekolah, di antaranya SMAN 1 Bulukumba, SMKN 1 Bulukumba, SMAN 9 Bulukumba, SMAN 15 Bulukumba, SMAN 19 Bulukumba, dan SMKN 3 Bulukumba.

Para peserta berkompetisi dalam mengembangkan gagasan dan pemahaman terkait demokrasi, khususnya dalam konteks pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dalam kompetisi tersebut dimenangkan oleh SMAN 1 BULUKUMBA setelah mengalahkan SMAN 9 BULUKUMBA di debat final.

Sementara di juara ketiga dimenangkan oleh SMAN 15 BULUKUMBA setelah berhasil mengalahkan SMAN 19 Bulukumba di final perebutan juara ketiga.

SMAN 19 BULUKUMBA keluar sebagai juara harapan 1, sementara SMKN 1 BULUKUMBA dan SMKN 3 BULUKUMBA dinobatkan sebagai juara harapan 2 dan 3.

Ketua KPU Bulukumba, Asbar Akib, menjelaskan bahwa kegiatan debat ini mengusung tema "Pilkada untuk Kita" sebagai bagian dari upaya memberikan pendidikan pemilih bagi pemilih pemula, terutama pelajar tingkat SMA/sederajat.

"Debat ini merupakan salah satu bentuk pendidikan pemilih yang kami tujukan untuk pemilih pemula, agar mereka lebih memahami pentingnya berpartisipasi dalam Pilkada," ujar Asbar.

Pemenang kompetisi debat pelajar akan mewakili Kabupaten Bulukumba untuk kompetisi debat di tingkat provinsi dan akan dipertandingkan dengan peserta dari kabupaten lain.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran politik dan mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam proses demokrasi di Kabupaten Bulukumba.****

  • Bagikan