Baznas Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Loka

  • Bagikan
Tim Baznas saat berkunjung ke lokasi kebakaran di Kelurahan Loka, Kecamatan Ujung Bulu.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba, dengan sigap memerintahkan para Relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Bulukumba segera bergerak merespons kebakaran yang terjadi di Jalan Kedondong Poros BTN 1, Kelurahan Loka, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Sabtu 7 Semtember 2024 lalu.

Begitu mendapatkan laporan kebakaran yang terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 17.15 Wita, tim BTB Bulukumba langsung menuju lokasi untuk melakukan assessment pada malam hari.

Kebakaran tersebut menghanguskan rumah yang juga berfungsi sebagai depot air isi ulang dan agen tabung gas, yang dihuni oleh dua kepala keluarga, yaitu  Sofyan dan Wawan. Barang-barang dan isi rumah tidak dapat diselamatkan karena pemiliknya sedang berada di luar rumah saat kejadian. 

Wawan, salah satu korban, mengungkapkan bahwa dirinya berada di tempat kerja dan hanya mengetahui kebakaran setelah api membesar. 

"Saya tidak ada di rumah saat terjadi kebakaran, sehingga sangat sulit untuk menyelamatkan barang-barang," katanya.

Pimpinan Baznas Bulukumba H Muhammad Yusuf S, Lc mengatakan keprihatinannya dan berjanji akan memberikan perlengkapan sekolah untuk anak-anak korban yang kini duduk di Madrasah Ibtidaiyah. 

"Setelah menerima berita kebakaran, kami segera melakukan assessment dan hari ini kami mendistribusikan bantuan mendesak bersama Wakil Bupati Bulukumba serta mendirikan tenda untuk hunian sementara," jelasnya.

Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, termasuk kurang lebih 100 tabung gas, galon isi ulang dan kompresor yang terbakar.

Turut hadir di lokasi kebakaran, Wakil Bupati Bulukumba H A Edy Manaf, dalam kesempatan itu, Andi Edy Manaf juga memberikan bantuan secara pribadi dari Ketua IWAPI Bulukumba Hj Ira Kasuara Hasyim.

"Sebelumnya kami turut berduka atas musibah ini. Semoga korban bisa sabar dan tabah dengan cobaan ini" katanya.

Selain itu, Edy juga meminta Baznas untuk segera membantu kebutuhan dasar korban. Seperti beras hingga kompor untuk digunakan memasak.

"Untuk sementara yang penting itu seperti kompor, makanan, pakaian termasuk hal utama yang harus dipenuhi" bebernya.

Andy Edy Manaf mengapresiasi kesigapan Baznas  Bulukumba yang dapat membantu para korban kebakaran, dan tidak lupa untuk mendoakan seluruh pihak yang telah menunaikan zakat, infak dan sedekah melalui Baznas Bulukumba.

"Hadirnya Baznas hari ini bersama kita adalah jembatan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sosial masyarakat. Secara pribadi saya doakan semua pihak yang telah menyetorkan sumbangan dan lainnya melalui Baznas, semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT" tutupnya. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan