Dua Mahasiswa UM Bulukumba Borong Juara di Tingkat Nasional

  • Bagikan
Dua mahasiswa UM Bulukumba yang berhasil memborong juara di tingkat nasional.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah (UM) Bulukumba kembali memenangkan kejuaraan di tingkat nasional pada kegiatan Indonesian Future Science Olympiad #2-IFSO2 2024 dan National Science Olympiad#4 2024.

Mahasiswa tersebut bernama Astria Amanda dan Fahmi Aulia. Pada National Science Olympiad#4 2024 Astria Amanda memperoleh juara 1 Biologi Bilingual, Juara Harapan 2 Bahasa Inggris, dan peringkat 8 Matematika.

Sementara pada Indonesian Future Scientists Olympics #2 2024 Astri Amanda memperoleh juara 3 Bahasa Indonesia, juara harapan 1 Bahasa Inggris, peringkat 7 Matematika, dan peringkat 7 Biologi. Sementara itu Fahmi Aulia meraih juara 1 Biologi dan juara 7 Bahasa Inggris.

Fahmi mengungkapkan, lomba ini diadakan pada tanggal 8 September 2024 secara online dengan sistem pilihan ganda dalam waktu pengerjaan 60 menit dan peserta berasal dari berbagai kampus yang ada di Indonesia.

"Alhamdulillah berhasil menduduki juara pertama dengan waktu pengerjaan 19 menit mengalahkan Universitas Hasanuddin. Meskipun bidang Biologi di luar dari konsentrasi saya di kampus, tapi ketika kita memiliki niat dan usaha yang besar Insya Allah akan tercapai keberhasilan yang membanggakan," pungkasnya.

Menurutnya meskipun berasal dari lintas program studi, mahasiswa dapat mengembangkan skill yang dimilikinya dengan cara berkolaborasi entah dalam bekerja sama dengan rekan sesama prodi, maupun lintas prodi bahkan lintas fakultas. Sehingga dengan aksi tersebut, mahasiswa dapat berkontribusi untuk membawa nama baik UM Bulukumba melalui Prestasi.

"Saya berharap dapat memberikan kontribusi baik bagi universitas, daerah, dan Indonesia. Hal ini tidak lepas dari Support yang luar biasa terkhusus dari Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Andi Anugrah, S.Pd., M.Pd. yang selalu memotivasi, mendukung, dan melantunkan doa-doa, yang menjadi kunci utama saya meraih kesuksesan," paparnya.

Dengan memenangkan kompetisi ini, ia mendapatkan hadiah dari pihak penyelenggara.

"Alhamdulillah selain piagam penghargaan, saya juga mendapatkan medali emas dan 3 buah logam mulia. Saya berharap, semoga terus dapat berprestasi membawa nama baik UM Bulukumba khususnya prodi pendidikan bahasa Inggris ini lebih tinggi lagi," tutupnya.

Senada dengan Astria Amanda, ia sangat bersyukur atas pencapaian yang diperoleh.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur telah memperoleh kejuaraan dan membawa nama UM Bulukumba di tingkat nasional. Saya tidak menyangka akan mendapatkan juara di setiap bidang olimpiade yang saya ikuti, karena begitu banyak peserta dari universitas ternama yang turut andil dalam lomba tersebut. Saya berharap, semoga prestasi kali ini tidak berhenti sampai disini saja, dan semoga hal ini dapat menjadi motivasi mahasiswa UMB lainnya", ungkapnya dengan penuh haru.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Andi Anugrah, S.Pd., M.Pd. menyampaikan rasa bangga terhadap torehan prestasi mahasiswinya. 

"Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri melihat capaian prestasi mahasiswi pendidikan bahasa Inggris pada tingkat nasional ini, semoga bisa memotivasi mahasiswa yang lain untuk terus berkembang dan maju," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Dr. Nur Ina Syam, M.Pd. dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang membanggakan ini.

"Alhamdulillah atas diraihnya juara 1, semoga raihan ini bisa bertahan dan terus berkembang dan maju dalam ajang-ajang tingkat Nasional lainnya, terimakasih disampaikan kepada ketua prodi pendidikan bahasa Inggris dan institusi yang terus mendukung mahasiswa untuk terus berprestasi," imbuhnya.

Selain itu, Rektor UM Bulukumba Dr. H. Jumase Basra, M.Si. menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian mahasiswa ini.

"Keberhasilan ananda menunjukkan kualitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris. Kami berharap prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan