Pembangunan Pasar Sentral Bulukumba Ditarget Rampung Tahun Ini

  • Bagikan
Lanjutan pembangunan Pasar Sentral Kabupaten Bulukumba, Selasa, 10 September 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu proyek andalan yang tengah dikebut adalah pembangunan Pasar Sentral Kabupaten Bulukumba yang ditargetkan selesai pada 31 Desember 2024.

Proyek Pasar Sentral ini telah dimulai sejak tahun 2023 dengan pengerjaan struktur bangunan, kemudian dilanjutkan pada tahun 2024 dengan tahap penyelesaian.

Berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Selasa, 10 September 2024, pengerjaan Pasar Sentral saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Dinding bata ringan telah terpasang hampir di seluruh bagian bangunan, dan kerangka atap baja juga telah selesai dipasang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Pasar Sentral, Manca, menyatakan bahwa progres pengerjaan proyek ini sudah mencapai 14,65 persen, lebih tinggi dari target mingguan yang hanya 9,46 persen.

"Sekarang kita sudah plus 5 persen dari target minggu ini," ungkap Manca saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Selasa, 10 September 2024.

Manca mengungkapkan, proyek ini dikerjakan oleh PT. Purnama Karya Nugraha dengan total anggaran sebesar 39 miliar rupiah.

Pasar Sentral baru ini akan terdiri dari empat blok gedung dengan dua lantai per blok, yang mencakup 50 kios dan 200 lapak.

Blok pertama di bagian depan akan difungsikan untuk perkantoran swasta dan dilengkapi dengan pusat ATM. Blok kedua akan digunakan untuk penjualan pakaian, blok ketiga untuk restoran atau tempat makan, dan blok keempat untuk pasar basah, seperti penjualan ikan dan sayuran.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba berharap proyek ini mampu mengembalikan fungsi Pasar Sentral sebagai pusat perputaran ekonomi di daerah.

Renovasi total ini bukan hanya sebagai upaya peremajaan bangunan, namun juga sebagai langkah strategis untuk mengembalikan muruah Pasar Sentral sebagai pusat ekonomi Kabupaten Bulukumba.****

  • Bagikan