Tingkatkan Kualitas SDM, Pemdes Mattoanging Ikuti Pelatihan P3PD

  • Bagikan
Kades Mattoanging, Zainuddin ( kanan) saat berfoto di lokasi pelatihan.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Mattoanging, Kecamatan Kajang, mengikuti pelatihan P3PD (Program  Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang diselenggarakan oleh Direktoral Jenderal  Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Pelatihan tersebut merupakan upaya peningkatan kapasitas aparatur desa dan kelembagaan di desa.

Kepala Desa Mattoanging, Zainuddin mengatakan, bahwa pada pelatihan P3PD tersebut, terdapat sembilan pokok bahasan.

"Ada materi penyusunan peraturan di desa, perencanaan pembangunan desa Inovatif dan visioner, pengelolaan keuangan desa yang akuntabel dan transparan, materi gerakan PKK dan Posyandu, materi kewirausahaan, hingga materi pengelolaan data dan informasi desa," katanya, Selasa, 10 September 2024.

Tidak hanya itu, ada dua materi tambahan  seperti materi terait kepemimpinan dan materi pencegahan korupsi pengeloaan keuangan desa.

"Pada pelatihan ini, seluruh peserta benar-benar diedukasi terkait pengeloaan keuangan desa, mulai dari penyusunan rencana kerja hingga pada proses pengelolaan informasi desa," jelasnya.

Pada pelatihan yang berlangsung selama 4 hari tersebut sejak 5 hingga 8 September 2024 ini, diikuti oleh ratusan peserta dari bebrapa kabupaten di Sulsel.

"Kalau dari desa kami yang ikut 4 orang, saya sendiri sebagai kades, Ketua PKK, BPD dan Sekretaris Desa," tutupnya. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan