Peringati Milad ke-5, APRI Adakan Bimbingan Perkawinan Serentak untuk Cegah Stunting

  • Bagikan
Bimbingan perkawinan yang digelar KUa Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka memperingati Milad ke-5, Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) menggelar kegiatan bimbingan perkawinan (Bimwin) serentak di Kantor Urusan Agama (KUA) Se Indonesia termasuk KUA Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Rabu 11 September 2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen APRI untuk memenuhi permintaan Menteri Agama dalam upaya pencegahan stunting. Sejak resmi berdiri pada 17 Juli 2019, APRI terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama dalam bidang pencegahan stunting yang dimulai dari calon pengantin (Catin), Rabu, 11 September 2024.

Dalam sambutan Kepala KUA Kec.Ujung Bulu H.Muhammad Ansar Mahdy menyatakan bahwa pencegahan stunting harus dimulai dari hulu, yaitu dengan mengedukasi calon pengantin melalui Bimwin. 

"Melalui Bimwin, calon pengantin akan mendapatkan edukasi tentang bagaimana mewujudkan keluarga sakinah, merawat kesehatan reproduksi, menyiapkan generasi berkualitas, mengelola keuangan keluarga, dan teknik menyelesaikan masalah," ujarnya. 

Kepala KUA Kecamatan Ujung Bulu mendukung penuh kegiatan Bimwin serentak ini. Menurutnya, edukasi ini sangat penting dipahami oleh setiap calon pengantin menjelang pernikahan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera.

"Kami siap melaksanakan dan mensukseskan program ini di wilayah kerja Kantor Urusan Agama Kec. ujung Bulu dengan mengawal program Gerak Penghulu Sejuta Catin Cegah Stunting. Kami juga menghimbau kepada seluruh pasangan calon pengantin untuk mengikuti Bimwin sebagai salah satu upaya menjaga keharmonisan keluarga, mencegah dan mengurangi stunting," tegas H. Muhammad Ansar Mahdy.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Kegiatan Bimwin ini juga diselenggarakan melalui Zoom Meeting secara serentak se Indonesia yang di Buka Oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof.Dr.H.Kamaruddin. Amin,MA dan Keynote Speech oleh Plh.Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Drs.Tavip Agus Rayanto, M.Si yang menunjukkan komitmen kuat dalam menggerakkan program Gerak Penghulu Sejuta Catin Cegah Stunting.

H. Muhammad Ansar Mahdy mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Bulukumba H. Misbah dan Kasi Bimas Islam Syafruddin serta jajarannya atas dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan Bimwin ini. 

"Dengan kerjasama dan komitmen yang kuat, diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi nyata dalam pencegahan stunting di Kabupaten Bulukumba," tuturnya.

Pada Binwin kali Ini, Pemateri di bawakan oleh Penyuluh KB Chaerunnas Saleh dan Bidan Susdiana dari PKM Caile serta Fasilitator Binwin Asma Ramadhani dan H.Patahuddin yang di ikuti 10 pasang Catin. ****

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan