Ingin Tiru Inovasi di Bantaeng, Kemenko Marves dan Pemkab Sidrap Kunjungi Bantaeng

  • Bagikan
Foto: Kunjugan kerja Kemenko Marves dan Pemkab Sidrap di Bantaeng. (Mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID  -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantaeng menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidenreng Rappang (Sidrap), Kamis 12 September 2024.

Kunjungan hangat ini diterima secara langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng, Asruddin, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng.

Kunjungan Kerja (Kunker) ini, menjadi wadah diskusi bagi Kemenko Marves RI serta Pemkab Sidrap, dalam rangka mengetahui strategi pembinaan inovasi dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Kabupaten Bantaeng. 

Mewakili Pj Bupati Bantaeng, Kepala Bappeda Bantaeng, Asruddin, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan atas kunjungannya di Kabupaten Bantaeng yang menjadi lokus studi banding sebagai tidak lanjut dari rekomendasi Kementerian PAN-RB.

"Tentu pemerintah Kabupaten Bantaeng merasa bangga atas kehadiran bapak ibu  dan semoga pertemuan ini mendapatkan apa yang diharapkan selama di Kabupaten Bantaeng,” kata dia.

Menurut pelaksana tugas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida ) Kabupaten Sidrap, Herwin, menjelaskan bahwa capaian inovasi yang diraih Pemkab Bantaeng ini, tidak terlepas dari kerjasama jajaran OPD Lingkup Bantaeng yang dapat menjadi percontohan daerah lain.

"Tujuan ini untuk belajar dan melihat secara langsung tata kelola inovasi di Kabupaten Bantaeng yang patut dicontoh Kabupaten lain. Kami sangat senang sekali berkunjung ke Kabupaten Bantaeng, kami melihat ternyata Bantaeng berhasil, berkat tidak terlepas dari para pendamping, banyak hal yang kita ingin pelajari disini, sehingga di kabupaten Sidrap dapat mengikuti inovasi-inovasi yang diraih Kabupaten Bantaeng,” pujinya.

Ia juga berharap apa yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bantaeng mendapatkan peluang kerjasama dalam membangun capaian inovasi di kabupaten Sidrap.

“Yang menjadi point penting berkunjung ke Bantaeng adalah melihat pembinaan inovasi, tata kelola, sehingga di Kabupaten Sidrap mampu mendorong OPD melakukan inovasi di tingkat provinsi seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bantaeng,” kata dia. 

Sementara itu, Kepala Biro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahayu, mengapresiasi atas capaian inovasi dan prestasi yang diraih Pemkab Bantaeng, khususnya destinasi pariwisata yang begitu menarik, menurutnya perolehan dan prestasi ditingkat nasional itu dapat ditiru.

"Tujuan kami ke Bantaeng ini ingin melihat secara langsung perolehan dan prestasi yang luar biasa ditingkat nasional yang ingin kami tiru,” kata dia.

"Kami mengajak tim dan beberapa rekan lainnya dari untuk melihat bagaimana Pemerintah Daerah Bantaeng membangun inovasinya dan apa yang harusnya kami ekspor dari Bantaeng, semoga apa yang kami dapatkan bisa kami eksplore untuk bisa kami dibawa pulang,” tutupnya. 

Pertemuan itu diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

 Kemudian penyerahan cenderamata dari Kabupaten Bantaeng ke Kabupaten Sidrap, dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Sidrap ke Kabupaten Bantaeng. (Mad/Has)

  • Bagikan

Exit mobile version