MIN 1 Bulukumba Adakan Program Ekstrakurikuler Baris Berbaris *Bentuk Siswa Disiplin dan Berkarakter

  • Bagikan
Latihan ekstrakurikuler Baris Berbaris di MIN 1 Bulukumba.

*

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bulukumba resmi meluncurkan program ekstrakurikuler baris berbaris. Kegiatan yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor: B.133/Mi.21.04.01/PP.01.1/09/2024 tertanggal 14 Agustus 2024 ini bertujuan untuk membentuk peserta didik yang disiplin, berkarakter dan memiliki jiwa korsa yang tinggi.

Pembinaan ekstrakurikuler baris berbaris ini akan dibimbing oleh empat guru pendamping yang kompeten di bidangnya, yaitu Tiyarni, S.Pd, Hasmawati, S.Pd.I, Erniati, S.Pd.I, dan Herdi, S.Pd.I.

Kepala MIN 1 Bulukumba, Uliawati, dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler baris berbaris ini merupakan salah satu upaya madrasah dalam mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa dapat belajar tentang kedisiplinan, kerja sama tim, dan rasa tanggung jawab. Selain itu, baris berbaris juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan fisik siswa,” ujar Uliawati.

Lebih lanjut, Uliawati berharap agar kegiatan ekstrakurikuler baris berbaris ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta didik.

“Kami juga berharap agar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini dapat menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya,” tambahnya.

Uliawati menuturkan tujuan utama dari pembinaan ekstrakurikuler baris berbaris ini adalah untuk membentuk karakter siswa, menanamkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kerja sama tim, dan kepemimpinan, meningkatkan kedisiplinan dengan melatih siswa untuk mengikuti perintah dan tata tertib, memperkuat fisik melalui latihan fisik yang teratur, siswa akan memiliki tubuh yang sehat dan bugar, dan meningkatkan percaya diri melalui penampilan yang baik dan rapi dalam baris berbaris.

"Pembinaan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkesinambungan dan membekali siswa dengan kemampuan dasar baris-berbaris yang akan bermanfaat, baik dalam kehidupan sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu siswa akan merasa lebih percaya diri serta menumbuhkan rasa kebersamaan melalui kegiatan bersama, siswa akan merasa lebih dekat dan solid," tambahnya.

"Dengan adanya dukungan dari para pendamping dan pelatih berpengalaman, MIN 1 Bulukumba optimis bahwa kegiatan ekstrakurikuler ini akan berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan serta dapat mencetak generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan