Program Beasiswa Berprestasi Kembali Diadakan Pendaftar Capai 353 Mahasiswa

  • Bagikan
Kasubag Umum dan Kepegawaian, Disdikbud Bulukumba, Sitti Nadhidah Nasaruddin.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulukumba kembali mengadakan program Beasiswa Berprestasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Bulukumba dengan prestasi akademik yang baik, dengan minimal IPK 3,80 (Tiga Koma Delapan Nol).

Program tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba tersebut telah melalui proses pendaftaran mulai tanggal 4 sampai 14 September 2024 lalu dan saat ini memasuki tahap verifikasi dokumen pendaftar.

Kasubag Umum dan Kepegawaian, Disdikbud Bulukumba, Sitti Nadhidah Nasaruddin menyebutkan jumlah pendaftar beasiswa berprestasi tersebut tercatat sebanyak 353 orang yang berasal yang dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.

"Yang menjadi prioritas untuk diterima selain minimal IPK 3.80 yang menjadi syarat pendaftaran adalah akreditasi kampus minimal akreditasi B, selain itu calon penerima juga tergolong masyarakat kurang mampu dibuktikan surat keterangan tidak mampu dari Dinas Sosial mahasiswa aktif semester 1 sampai 8," ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 17 September 2024.

Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan kuota penerima tahun ini sebanyak 120 orang dengan sumber anggaran APBD (Anggaran Pendapat Belanja Daerah) Tahun 2024.

Menurutnya bahwa jumlah kuota penerima beasiswa untuk mahasiswa berprestasi tahun ini, terbilang cukup meningkatkan dari tahun sebelumnya yang hanya 109 dan tahun 2024 sebanyak 120.

"Selain jumlah kuota yang meningkatkan nominal beasiswa yang akan diterima mahasiswa jumlah terbilang meningkatkan tahun 2023 lalu hanya Rp 1.850.000 tahun 2024 ini sebanyak Rp 2.000.000," tambahnya.

Sitti Nadhidah Nasaruddin mengungkapkan program ini merupakan bagian dari Visi Misi Pemerintah Daerah Bulukumba dalam komitmen meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bulukumba.

"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kebutuhan sosial masyarakat Bulukumba. Dengan ini kami berharap ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih giat belajar. InsyaAllah setelah verifikasi dokumen yang kurang lebih sepekan ini kami akan turun lapangan verifikasi kampus dan penetapan hasil penerima akan diumumkan November mendatang," tutupnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan