Lembaga CSSC Bulukumba Lakukan Gebrakan Pemberdayaan Ekonomi Mahasiswa

  • Bagikan
Rektor UM Bulukumba saat berpose bersama dengan Kepala Lembaga CSSC-PKW.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UM Bulukumba) secara resmi menjalin kerja sama dengan Lembaga Dompet Dhuafa dan Ondeway Indonesia melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Selasa, 17 September 2024.

Kerja sama tersebut diinisiasi oleh Kepala Lembaga Counseling Soft Skill Centre dan Pusat Kajian Wanita (CSSC-PKW) UM Bulukumba, sebagai upaya untuk mendukung kemandirian ekonomi mahasiswa.

Ketua CSSC-PKW, Andi Nurhikmah menyampaikan program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian mahasiswa dan mendorong mereka agar lebih mandiri secara finansial, terutama dalam membiayai pendidikan mereka. 

"Outcome dari program ini adalah untuk meningkatkan perekonomian mahasiswa, dengan outputnya mahasiswa bisa mandiri secara ekonomi setidaknya dalam mendanai studi mereka. Jenis pemberdayaannya berupa bantuan modal usaha dalam bentuk bahan baku dan peralatan usaha," ujarnya.

Selain bantuan modal, program ini juga akan memberikan pelatihan kepada mahasiswa yang terpilih melalui proses seleksi. 

"Ada juga capacity building bagi mahasiswa yang lolos seleksi selama kurang lebih satu bulan sebelum mereka memulai usaha mereka," tambahnya. 

Rektor UM Bulukumba, H. Jumase Basra, menyambut baik kolaborasi ini dan menekankan pentingnya peran lembaga pendidikan dalam menciptakan mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki keterampilan praktis. 

"Program ini sangat strategis karena tidak hanya membantu mahasiswa dalam aspek akademik, tetapi juga mendorong mereka untuk mandiri secara ekonomi. Kami berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas lulusan UM Bulukumba dan memperkuat posisi universitas sebagai institusi yang berorientasi pada pengembangan wirausaha,” ujar Jumase.

Rektor juga menambahkan harapannya agar program ini dapat terus berlanjut dan diperluas di masa mendatang.

"Kami berharap program ini menjadi awal dari banyak inisiatif serupa yang bisa kita lakukan di masa depan untuk memberikan manfaat lebih besar bagi mahasiswa dan institusi," jelasnya.

Nurhikmah juga menekankan pentingnya keberlanjutan program ini agar dampak positifnya dapat dirasakan oleh lebih banyak mahasiswa dan memberikan kontribusi yang lebih luas kepada institusi. 

"Harapannya, program ini berkelanjutan sehingga bisa memberikan dampak yang lebih luas, baik ke mahasiswa maupun ke institusi," pungkasnya.

Kerja sama ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam pemberdayaan ekonomi mahasiswa, serta menciptakan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki keterampilan wirausaha yang handal.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan secara simbolis gerobak usaha dari Dompet Dhuafa kepada mahasiswa terpilih dari Prodi Pendidikan Biologi. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan