Peringati HKG ke-52, Pj Bupati Bantaeng Apresiasi Peran PKK Dalam Menurunkan Stunting

  • Bagikan
Andi Raodhayanti, Pj Ketua PKK Bantaeng. (Ist)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bantaeng, menggelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Kabupaten Bantaeng Tahun 2024. kegiatan ini berlangsung di Gedung Balai Kartini Kabupaten Bantaeng.

Menurut Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng, Andi Raodhayanti membacakan sambutan seragam dari Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, dia menyebutkan bahwa melalui 10 Program Pokok PKK, tim PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, maupun lembaga nonpemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dia juga mengungkapkan, tema Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun ini adalah "Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju."

Tema ini, menurutnya, mengandung makna penting tentang keserempakan gerak kader PKK yang bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia.

"Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia," ujar Andi Raodhayanti saat membacakan sambutan tersebut.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Tim Penggerak PKK beserta seluruh jajarannya hingga ke tingkat Desa dan Kelurahan, yang telah banyak membantu Pemerintah Daerah dalam menciptakan keluarga yang berkualitas dan juga mencegah dan menangani stunting.

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi seluruh kader PKK di Kabupaten Bantaeng yang tanpa henti menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati. Hari Kesatuan Gerak PKK yang kita peringati pada hari ini diharapkan dapat menjadi motivasi sekaligus sebagai momentum bagi seluruh Tim Penggerak PKK, dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata dia.

Ia juga menghimbau agar segenap jajaran tim penggerak PKK mengembangkan daya inovasi demi kelangsungan program-program PKK yang selaras dengan program pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng.

"Saya ingin menyampaikan agar setiap kelompok PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan untuk selalu membangun hubungan serta solidaritas karena ada beberapa tantangan terbesar kita menjadi isu strategis nasional seperti stunting, masalah lingkungan dan moral,” kata dia.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa penanganan stunting di Kabupaten Bantaeng tercatat sebagai Kabupaten yang menduduki angka kedua terendah saat ini, yang pertama adalah Kabupaten Luwu Utara.

"Insyahallah tahun 2024 ini kita berada dibawah 14 persen, kemudian yang kedua tercatat bahwa angka kemiskinan juga rendah pada tahun ini, kalau angka kemiskinan ini turun berarti keluarga ini makin sejahtera ini semua berkat peran organisasi perempuan.ini merupakan momentum bagi Tim PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata dia.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 ini bertarbur penghargaan dan penyerahan plakat, tanda terima kasih kepada semua kader dan pengurus tingkat kecamatan, desa dan kelurahan, serta Kepala OPD terkait yang telah berkontribusi aktif dalam mendukung 10 program PKK.

Penyerahan penghargaan Adhi Bhakti Madya, diberikan kepada Kartini Gau, Adhi Bhakti Pratama, diberikan kepada Saharia Karim, Kader Peduli PKK diberikan kepada, Syarifah Zainuddin, Kader Peduli Stunting, diberikan kepada Ernawati.

Kemudian penyerahan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah, diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Serta penyerahan hadiah lomba dalam rangka kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Kabupaten Bantaeng kepada Tim PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan. diantaranya, lomba Administrasi PKK, lomba menyanyi solo, lomba B2SA, dan lomba rumah gizi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut yakni, Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, H. Budi Santoso, didampingi Ketua IKA DPRD Bantaeng, Hj. Andi Suharti Mangun Karim, Ketua Pengadilan Negeri Jeneponto, Endah Sri Andriyati, perwakilan dari Kapolres Bantaeng, AKP Syafaruddin, Perwakilan dari Dandim 1410/Bantaeng, Makmur, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Bantaeng, Indahwati, Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng, Abdul Basyir, didampingi Ketua Dharmayukti Kartini Cabang Bantaeng, Endah Sri Andriyati, para Asisten, para Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah/Desa, para Pimpinan Organisasi Bantaeng, serta Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng. (Mad/Has)

  • Bagikan

Exit mobile version