Hari Pertama Bertugas, Pjs Bupati Pantau Aktivitas Perkantoran di Gedung Pinisi Bulukumba

  • Bagikan
Pjs Bupati Bulukumba, Muhammad Rasyid (kanan) didampingi Sekda Bulukumba (kiri) saat memberikan keterangan kepada Wartawan di Gedung Pinisi Bulukumba, Rabu, 25 September 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Muhammad Rasyid mulai menjalankan tugasnya sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bulukumba pada Rabu, 25 September 2024. Ia memulai hari pertamanya dengan memperkenalkan diri serta memantau langsung aktivitas di Gedung Pinisi Bulukumba.

Kehadirannya disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Ali Saleng, bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat lainnya.

Sebelum memimpin pertemuan di Aula Kahayya, Gedung Pinisi, Rasyid menyempatkan diri menikmati suasana di pusat kuliner yang terletak di lantai atas gedung tersebut.

Sekda Ali Saleng menyatakan bahwa Muhammad Rasyid bukanlah sosok baru di lingkungan pemerintah Kabupaten Bulukumba. Ia sudah sering berkunjung sebagai perwakilan Pemprov Sulsel, dan selama ini selalu menjadi tempat koordinasi Pemkab Bulukumba di Pemprov.

"Beliau sudah sering datang ke Bulukumba mewakili Pemprov, jadi kami sudah cukup familiar dan selalu berkoordinasi dengan beliau terkait urusan pemerintahan," ujar Ali Saleng.

Ali Saleng juga menyatakan siap bekerja sama dengan Pjs Bupati seperti halnya dengan Bupati dan Wakil Bupati definitif yang saat ini sedang cuti.

Sementara itu, Pjs Bupati Muhammad Rasyid menyatakan kesiapannya menjalankan amanah sebagai pemimpin sementara di Kabupaten Bulukumba selama dua bulan ke depan.

Rasyid menegaskan bahwa tugas utamanya adalah memastikan program-program pemerintahan yang sudah berjalan tetap dilaksanakan sesuai rencana.

"Sebagai Pjs, tugas saya adalah melanjutkan program yang sudah ada. Saya tidak berwenang membuat atau merubah kebijakan, melainkan menjaga agar roda pemerintahan tetap berjalan lancar, tanpa ada kevakuman," jelasnya saat ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di Gedung Pinisi setelah kegiatan pertemuan dengan OPD.

Rasyid juga menekankan pentingnya menjaga pola koordinasi antar-SKPD yang saat ini berjalan dengan baik, didukung oleh sistem perkantoran satu atap di Gedung Pinisi. Menurutnya, hal ini menjadikan koordinasi antar-SKPD lebih efektif dan efisien.

"Gedung Pinisi ini membantu kami dalam menjalankan pemerintahan dengan lebih cepat dan efisien karena semua SKPD berkoordinasi dengan baik di satu tempat," lanjut Rasyid.

Dalam kesempatan tersebut, Rasyid juga menyampaikan pentingnya menyelesaikan persoalan-persoalan pemerintahan dengan cepat, mengingat semua kegiatan antar-SKPD saling berkaitan.

Sebelumnya, Pjs Bupati Bulukumba Muhammad Rasyid dilantik bersama tiga pejabat daerah lainnya oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh. Pelantikan tersebut digelar pada Selasa, 24 September 2024, di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Selain Muhammad Rasyid, tiga Pjs lainnya yang dilantik adalah Andi Arwin Aziz sebagai Pjs Wali Kota Makassar, Jayadi Nas sebagai Pjs Bupati Luwu Timur, dan Amson Padolo sebagai Pjs Bupati Toraja Utara. Pelantikan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah yang cuti untuk berkampanye di Pilkada Serentak 2024.

Penjabat Gubernur Sulsel juga melantik Andi Jefrianto Asapa sebagai Pj Bupati Sinjai dan memperpanjang masa jabatan Andi Abubakar sebagai Pj Bupati Bantaeng.

Rasyid, yang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Pemprov Sulsel, kini dipercaya untuk memimpin Bulukumba selama masa kampanye Pilkada.****

  • Bagikan