Tim SMAN 3 Bulukumba Berkompetisi di FIKSI Tingkat Nasional

  • Bagikan
Tim SMAN 3 Bulukumba beserta pembina yang siap berkompetisi di FIKSI Nasional.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim SMA Negeri 3 Kabupaten Bulukumba, berkompetisi di tingkat nasional Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Tahun 2024, mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, yang berlangsung di Jakarta mulai 24 sampai 29 September 2024.

Adapun peserta didik dari tim SMA Negeri 3 Bulukumba terdiri dua orang yakni Uun Arsa Ramadhani Kelas XII MIA 1 dan Imam Nurainun Mansyur Kelas XII MIA 5 dengan judul inovasinya "Safe Guard Gas (Monitoring Kebocoran Gas Rumah Tangga dengan Android Internet Of Thingks dan Sensor Arduino)".

Selaku Pembina peserta didik SMA Negeri 3 Kabupaten Bulukumba, Riswanto menyampaikan pada bulan Agustus lalu setelah melalui beberapa tahapan seleksi dengan seluruh peserta tingkat SMA dan SMK se Indonesia, khususnya di Pulau Sulawesi hanya SMAN 3 yang berhasil ke tingkat nasional.

"Hari ini (Selasa 24 September 2024) kami berangkat ke Jakarta. Jadi selain kedua anak didik ini, saya juga selalu pembina ikut mendampingi. Sebelum kami berangkat kami juga telah melakukan kunjungan di Kantor Disdik Provinsi. Alhamdulillah kami sangat didukung," ungkapnya, Selasa, 24 September 2024.

Riswanto mengaku optimis mampu mencetak prestasi membanggakan di kompetisi tersebut dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan.

"Persiapan sebelumnya anak-anak sudah mempersiapkan presentasi didepan Juri Nasional, melakukan pengajuan Haki (Hak Kekayaan Intelektual) untuk inovasinya. kemudian mengurus izin dukungan dari BNPBD (Badan Nasional Penanggulangan Daerah) Sulsel terkait inovasi yang mereka buat terkait keamanan penggunaan Gas Elpigi Berbasis Android Internet Of Thing dan Arduino," jelasnya.

Ia berharap semoga mendapatkan medali atau juara dan membanggakan daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Bulukumba khususnya SMAN 3 Bulukumba dan keluarga. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version