Wujudkan Rumah Sakit Ramah Anak, RSUD H Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba Hadirkan Pendongeng Di Rumah Sakit

  • Bagikan
Suasana kegiatan mendongeng di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Jumat 27 September 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam upaya mewujudkan rumah sakit ramah anak, RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba, gelar program dongeng berlangsung di Taman Main Anak Rumah Sakit, Jumat 27 September 2024.

Dongeng disampaikan langsung oleh pendongeng dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DPKD) Bulukumba yang kerap disapa Kak Uni. Terlihat puluhan anak pengunjung rumah sakit sangat antusias dan bersemangat mengikuti program dongeng tersebut.

Wakil Pelayanan Non Medik, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja Bulukumba, dr Asnarti Said Culla mengatakan sebelum dilaksanakan kegiatan ini Direktur RSUD ada rencana membuka tempat penitipan anak dan salah satu upaya yang dilakukan untuk menyongsong tempat penitipan anak salah satu yang disepakati adalah mengadakan program mendongeng.

"Mengapa kami mengadakan ini dilihat pada jam-jam pelayanan terkadang banyak anak-anak pengunjung yang terlihat bosan menunggu untuk itu kami mengadakan program ini untuk mencegah kejenuhan anak-anak," ungkapnya.

Menurutnya mendongeng adalah salah satu budaya yang harus terus dikembangkan di Indonesia ini juga dapat mengurangi aktivitas anak-anak yang seperti kita lihat sekarang-sekarang ini terkadang lebih banyak bermain gadget dan itu sangat berdampak buruk bagi anak-anak.

"Ini merupakan kolaborasi langkah awal kami dengan Dinas Perpustakaan. Alhamdulillah animo dari anak-anak pengunjung RSUD sangat bagus. Insyaallah kegiatan seperti ini akan kembali dilanjutkan untuk kedepan yang merupakan bagian dari RSUD Ramah Anak," bebernya.

Beliau menuturkan berharap pelayanan RSUD lebih baik anak-anak tidak kemana-mana. Dengan ini juga dapat mengubah stigma anak-anak bahwa rumah sakit itu tidak menyeramkan akan tetapi menyenangkan.

"Kami di RSUD bukan hanya memberikan pelayanan medis bagi yang sakit akan tetapi kami juga memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengunjung," tuturnya 

Terpisah, saat dikonfirmasi Kabid Perpustakaan, DPKD Bulukumba, Sahriana mengucapkan terima kasih banyak kepada  pihak rumah sakit  atas kerjasamanya dalam pengembangan literasi di Kabupaten Bulukumba.

"Semoga ke depannya semakin banyak organisasi pemerintah maupun swasta yang melaksanakan kerjasama dalam pengembangan minat baca masyarakat sehingga Indeks Pembangunan Lietrasi masyarakat Kabupaten Bulukumba meningkat setiap tahunnya," harapnya. ****

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan