Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, MTs Bontosunggu Gelar Karya P5

  • Bagikan
Gelar Karya P5 di MTs Bontosunggu Kabupaten Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran 2024/2025 MTs Bontosunggu Bulukumba melaksanakan kegiatan Market Day dalam rangka gelar karya P5-RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila- Rahmatan lil Alamin), Sabtu 28 September 2024.

Dengan mengangkat tema Kewirausahaan, kegiatan market day yang digelar di lapangan madrasah ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII & VIII. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Hasrung, M.Pd.

Kepala MTs Bontosunggu Kabupaten Bulukumba, mengatakan pelaksanaan gelar karya (market day) P5 ini merupakan lanjutan dari projek pertama yang telah dilaksanakan sejak Juli 2024 lalu, yaitu Kewirausahaan dengan pembuatan kerajinan tangan gantungan kunci, gantungan ponsel, ikat rambut, bros jilbab, tempat pulpen, tempat spidol, tempat air kemasan gelas. 

"Tak lupa pula aneka minuman es buah serta berbagai jenis makanan tradisional lainnya.

Projek ini terdiri dari lima tahap yaitu Pengenalan, Kontekstualisasi, Perencanaan, Aksi dan Refeksi dan dilaksanakan selama 12 minggu," ungkapnya.

Beliau menyebutkan pada kegiatan gelar karya (market day) ini seluruh kelas dengan kelompoknya masing-masing menampilkan hasil karyanya berupa produk olahan berbahan dasar beras, pisang dan kelapa. Hasil olahan tersebut dikemas semenarik mungkin dan dipemerkan di stand kelompok kelas masing-masing dan dinilai oleh para fasilitator.

"Alhamdulillah kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh warga madrasah yang ikut berpartisipasi dengan berbelanja berbagai produk makanan dan minuman tersebut," bebernya.

Hadir pula Pengawas Bina MTs Bontosunggu, Nursinah Mapparola. Dikesempatan ini beliau menuturkan dengan gelar karya (market day) P5 ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha sesuai dengan tema kegiatan, 

"Menanamkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini".

"Bagi peserta didik di samping tujuan utama dimensi P5 yaitu beriman, bertaqwa, bergotong royong dan dimensi Rahmatan lil Alamin yaitu keteladanan (Qudwah) dan toleransi (Tasamuh)", jelas Nursinah. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan