Pjs Hingga Baznas Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran

  • Bagikan
Penyaluran bantuan kepada korban kebakaran

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bulukumba, memerintahkan dengan sigap Relawan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) untuk turun ke lokasi kebakaran yang menghanguskan 3 unit rumah dan 1 korban meninggal dunia.

Terjadi di di Jalan Suprapto, Kelurahan Tanah Kongkong, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Minggu, 29 September 2024.

Pjs Bupati Bulukumba, saat menyerahkan bantuan.

Haris, seorang saksi mata, mengatakan bahwa ia pertama kali melihat asap keluar dari rumah Fikar. Namun, hanya dalam hitungan detik, api langsung membesar dan melahap seluruh rumah korban, dan seorang pemuda dengan kondisi lumpuh dan buta tewas terpanggang, yang saat itu berada sendirian di dalam.

“Masih muda kodong, tapi dia lumpuh dan buta, sehingga saat kebakaran tidak bisa menyelamatkan diri,” ujar Haris.

Sementara itu, Relawan BTB Andi Arfandi melaporkan bahwa BAZNAS Bulukumba membantu proses evakuasi, pemulasaran hingga pemakaman jenazah yang dilakukan malam hari.

Baznas menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah.

“Kita dampingi keluarga korban dan kita bantu sampai jenazah di makamkan, Alhamdulillah ini juga atas Kerjasama dengan banyak pihak khususnya teman-teman BPBD dan warga setempat,” ungkapnya.

Pada Senin, 20 September 2024, kembali BAZNAS Bulukumba berkunjung ke lokasi untuk mendampingi PJS Bupati Bulukumba sekaligus menyalurkan bantuan darurat.

H. Muhammad Yusuf S, pimpinan BAZNAS Bulukumba menyampaikan bahwa sesuai dengan laporan dan assessment Relawan BTB, hari ini disalurkan bantuan darurat untuk masing-masing unit rumah.

“Bantuan ini merupakan pemenuhan kebutuhan dasar para korban, berupa sembako, alat masak/dapur, dan berupa uang tunai,” jelasnya.

Selain itu, BAZNAS Bulukumba juga mengajak 2 anak korban untuk berbelanja seragam dan perlengkapan sekolah.

“Langsung kami ajak hari ini untuk berbelanja ke toko, sekalian menghibur juga agar anak-anak ini tetap semangat untuk bersekolah,”sambungnya.

Dalam kesempatan ini PJS Bupati Bulukumba hadir bersama dengan Sekretaris Daerah, Asisten I, Kabag Kesra, Camat Ujung Bulu, para Lurah Se-Kecamatan Ujung Bulu dan beberapa dinas terkait.

DRS Muhammad Rasyid selaku PJS Bupati Bulukumba ikut prihatin terhadap musibah yang terjadi ini.

“Semoga para korban diberikan kelapangan untuk menerima musibah ini, dan kita pastikan pemerintah hadir untuk para korban,” ujarnya.

Beliau juga mengapresiasi kesigapan BAZNAS Bulukumba untuk hadir membantu para korban.

“Kita sudah saksikan bersama bahwa BAZNAS Bulukumba selalu hadir bersama pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita yang membutuhkan dalam keadaan darurat bencana maupun sosial,” tutupnya. (**).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version