SMAN 3 Kenalkan Sistem Demokrasi Sejak Dini Bagi Peserta Didik

  • Bagikan
Pilketos secara demokrasi di SMAN 3 Bulukumba, Senin 30 September 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 3 Kabupaten Bulukumba, gelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2024/2025 yang berlangsung dengan sistem demokrasi, Senin, 30 September 2024.

Pada pemilihan Pilketos kali ini, ada empat kandidat yang ikut kontestan tersebut diantaranya, Nomor Urut 1 Miftahul Akram Anugerah dan Susi Damayanti, Nomor Urut 2 Riefat Alfaridzy dan Yuni Asriyana, Nomor Urut 3 Andi Firmansyah Ridwan dan Taufik Hidayat dan Nomor Urut 4 Nandito Rahmat Surachman dan Andi Nazwa Azizah.

Kordinator P5 SMA Negeri 3 Bulukumba, Rita Fatimah Malonda mengatakan pemilihan dengan sistem demokrasi ini merupakan program dari penerapan kurikulum merdeka yakni P5 dengan tema Suara Demokrasi yang diperuntukkan untuk kelas XI.

"Dalam kegiatan ini anak didik diajari bagaimana mereka menggunakan hak suaranya untuk memilih calon dan bagaimana mereka dapat melakukan proses demokrasi di sekolah dengan baik sebagai langkah awal atau proses belajar sebelum melakukan proses demokrasi yang sesungguhnya nanti di masyarakat seperti Pilkada yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini," ujarnya, Senin, 30 September 2024.

Melalui ini, Rita Fatimah Malonda berharap semoga yang terpilih dapat belajar bahwa proses berdemokrasi itu adalah hal yg menyenangkan apabila dimaknai dengan baik, dan semoga yang terpilih dapat menjadi contoh yang  baik bagi semua peserta didik yang ada di SMAN 3 Bulukumba.

"Semoga mereka bisa membawa SMAN 3 Bulukumba jauh lebih baik dan dikenal sampai tingkat nasional melalui prestasi. Mereka juga diharapkna dapat belajar bahwa mennag kalah dalam proses demokrasi adalah hal yang biasa yang terpenting bagaimana mereka bisa berkolaborasi atau bersinergi untuk membawa sekolah lebih baik kedepan siapapun yang terpilih nantinya," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version