Program JKN, Perlindungan Kesehatan Andal Bagi Rio dan Keluarga

  • Bagikan
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi pilihan utama bagi Rio Ferdynan Asran (24) untuk beri perlindungan kesehatan bagi dirinya dan keluarga. (hmsbpjs)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi pilihan utama bagi Rio Ferdynan Asran (24) untuk beri perlindungan kesehatan bagi dirinya dan keluarga.

Pria yang berdomisili di Kelurahan Caile, Kabupaten Bulukumba ini berkesempatan menceritakan bagaimana kehadiran Program JKN telah berdampak besar bagi dirinya dan keluarga ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Saya dan keluarga sudah buktikan bagaimana keaktifan kami sebagai peserta JKN telah banyak membantu, saya dan keluarga sudah beberapa kali menggunakan BPJS Kesehatan untuk perawatan di rumah sakit ataupun puskesmas. Biaya pengobatan yang seharusnya sangat besar dapat ditanggung dengan sangat baik oleh BPJS Kesehatan," ucap Rio.

Pada kesempatan tersebut, Rio turut menceritakan pengalamannya saat harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Dg Radja, Bulukumba.

“Masih jelas sekali dalam ingatan saya, waktu itu saya masih sekolah, mungkin salah satu alasannya karena aktivitas yang padat di sekolah, jadi saya capek dan membuat kesehatan saya menjadi drop dan karena saya tidak kunjung membaik, orang tua saya segera bawa saya ke UGD rumah sakit untuk segera diberi penanganan langsung oleh tenaga medis yang berwenang,” ceritanya.

Setelah sampai di rumah sakit, Rio kemudian ditangani langsung oleh dokter dan didiagnosis menderita penyakit tipes yang mengharuskannya dirawat selama 6 hari. Kala itu, Rio yang masih berstatus sebagai pelajar dan menjadi peserta JKN sebagai tanggungan orang tuanya, mengaku belum sepenuhnya memahami bagaimana sistem tersebut bekerja dan manfaat yang diberikannya. Namun, kini setelah melihat langsung manfaat dari Program JKN, Rio memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya setiap orang terdaftar sebagai peserta JKN.

“Meskipun waktu itu saya belum paham sepenuhnya, namun sekarang saya bisa melihat dengan jelas bagaimana program dari BPJS Kesehatan ini sangat membantu dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke perawatan kesehatan yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang biaya yang tinggi,” lanjutnya.

Rio juga turut mengapresiasi berbagai inovasi layanan yang dilakukan BPJS Kesehatan, untuk memastikan Program JKN ini tetap berkelanjutan dan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat, khususnya seluruh peserta JKN.

“Saya baru-baru ini diberitahu oleh teman saya bahwa ternyata ada layanan yang bisa diakses dengan mudah, yaitu Aplikasi Mobile JKN, saya sangat terkesan dengan mudahnya mengakses berbagai informasi dan layanan kesehatan melalui aplikasi ini, banyak sekali fitur yang tersedia yang memudahkan kita ketika ingin mengakses layanan kesehatan,” katanya.

Rio menyebutkan salah satu fitur yang mungkin akan ia manfaatkan adalah layanan antrean online. Menurutnya, fitur antrean online sangat membantu dalam menghemat waktu dan tenaga, sehingga dirinya tidak perlu lagi menunggu lama di faslitas kesehatan jika ingin mendapatkan layanan kesehatan, karena pengambilan antrean melalui fitur antrean online pada Aplikasi Mobile JKN bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah sendiri.

Rio berkomitmen untuk terus memberi dukungan serta akan turut menyebarkan informasi tentang berbagai kanal layanan BPJS Kesehatan kepada orang lain, agar turut merasakan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan.

Menutup perbincangan, Rio berharap agar masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN agar segera mendaftarkan dirinya dan keluarga, sebab Program JKN memiliki berbagai manfaat yang dapat menjadi solusi dalam menjaga kesehatan masyarakat, mengurangi beban finasial, memperbaiki kualitas hidup dan menciptakan masyarakat yang lebih sehat serta produktif. (Mad/Has)

  • Bagikan

Exit mobile version