Semangat Sumpah Pemuda, Lingkar Muda Bulukumba Terbentuk untuk Kembangkan Bakat dan Potensi Pemuda

  • Bagikan
Diskusi pembentukan Lingkar Muda Bulukumba di KDH, Sabtu malam, 5 Oktober 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sekelompok pemuda pemerhati sosial di Kabupaten Bulukumba membentuk wadah baru bernama Lingkar Muda Bulukumba, yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi pemuda setempat. Komunitas ini terinspirasi dari semangat Sumpah Pemuda.

Kalau Sumpah Pemuda berawal dari kongres pemuda, di mana pemuda-pemuda dari penjuru nusantara berkumpul di Batavia, 27–28 Oktober 1928.

Sementara Lingkar Muda Bulukumba ini terbentuk atas inisiasi sejumlah pemuda dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bulukumba yang berlangsung di KDH Bulukumba pada Sabtu malam, 5 Oktober 2024.

Lingkar Muda Bulukumba ini dipimpin oleh Andi Muhammad Taufik Haikal, dan beranggotakan pemuda dari 10 kecamatan di Bulukumba.

Menurut pemuda yang akrab diasapa Andi Ade itu, komunitas ini akan menjadi ruang bagi pemuda untuk belajar, berbagi informasi, dan mengembangkan kemampuan di berbagai bidang, mulai dari seni, musik, usaha UMKM, hingga pemanfaatan teknologi digital dan pendidikan politik.

Andi Ade, yang juga putra dari Andi Muchtar Ali Yusuf, mengungkapkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar yang dapat membawa perubahan.

“Generasi milenial tampil sebagai kekuatan baru dalam dinamika pilkada, membawa semangat perubahan dan optimisme. Mereka aktif menyuarakan aspirasi melalui media sosial dan teknologi digital,” ujarnya.

Wakil Ketua Lingkar Muda Bulukumba, Andi Muhammad Farhan Fajari, juga telah menunjukkan keberhasilan melalui kegiatan Phinisea Music Fest 2024, yang sukses meningkatkan kunjungan wisata ke Pantai Merpati Bulukumba.

Event tersebut, yang digelar sepenuhnya oleh pemuda Bulukumba, menjadi bukti bahwa potensi anak muda di Bulukumba sangat luar biasa.

"Nantinya, kami berencana menggelar berbagai kegiatan di pusat-pusat kota kecamatan, dengan melibatkan pemuda lokal," tambah Farhan.

Lingkar Muda Bulukumba juga didukung oleh legislator muda PKS DPRD Bulukumba, Fuad Arafah, yang terlibat aktif dalam komunitas ini.

Komunitas ini diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan diri dan kolaborasi bagi pemuda Bulukumba, dalam berbagai aspek kehidupan.****

  • Bagikan