Program Lumbung Pangan Baznas Pemberdayaan Petani Mustahik

  • Bagikan
Program lumbung pangan Baznas Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba untuk pertama kalinya menjalankan program lumbung pangan yang merupakan salah satu program produktif Baznas. Kegiatan tersebut berlangsung Jumat, 4 Oktober 2024.

Lumbung Pangan merupakan program pemberdayaan petani mustahik dengan mengembangkan usaha pertanian mulai dari budidaya sampai dengan pemasaran, memberikan pelatihan, bantuan modal sarana produksi pertanian, pendampingan dan pengembangan usaha pertanian.

Pimpinan Baznas Bulukumba, H Muhammad Yusuf  Shandy menjelaskan, Desa Barombong ini salah satu desa dengan potensi besar di bidang pertanian, dan memiliki kelompok tani yang membutuhkan fasilitas pendukung untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka. 

“Kebetulan ini sudah masuk musim semangka, jadi kami hadir untuk membantu petani untuk memperkuat pemahaman mereka tentang teknik budidaya hortikultura serta meningkatkan produktivitas komoditas lokal. Insya Allah akan kami buka program lumbung pangan ini dikecamatan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan Baznas Bulukumba melalui program lumbung pangan ini, diharapkan memberikan pemahaman  yang lebih baik di kalangan petani mengenai zakat pertanian dan peran zakat dalam pengelolaan ekonomi petani.

“Berangkat dari zakat dan berdaya melalui zakat, kegiatan ini dirangkaikan dengan sosialisasi zakat, pelatihan teknis pertanian oleh Dinas Pertanian, dan kegiatan menanam semangka bersama petani. Semuanya ini merupakan pemanfaatan dana zakat,infaq dan sedekah Baznas,” ujarnya.

Desa Barombong adalah lokasi pertama yang menjadi tempat program ini dilaksanakan, dan berkolaborasi bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba.

Kepala Desa Barombong, Mahfud mengatakan, program ini sangat baik terkhusus untuk kemajuan ekonomi dan perlu sama-sama dipahami bahwa ini merupakan bagian dari program pemerintah.

“Dana stimulan yang dikucurkan BAZNAS kepada para kelompok tani, saya berharap dapat bermanfaat juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membantu pemerintah dalam penurunan angka kemiskinan,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Tayeb Maningkasi menaruh harapan besar dari program Baznas Bulukumba ini. 

“Harapan besar kita semua melalui acara ini nantinya para petani dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas hasil buah semangkanya, sehingga dapat menjadi icon baru di Bulukumba,” harapnya.

“Terima kasih kepada Baznas Bulukumba atas program pemberdayaan ini, tetaplah bergerak untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Bulukumba,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Anggota DPRD Dapil II, Kepala Desa Barombong, Pimpinan Baznas Bulukumba, para penyuluh pertanian dan kelompok tani. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan